oleh

Kapal Kemanusiaan PB Bangun 4 Rumah di Kabsor

-Metro-130 views

Ditengah masa pandemi covid- 19, tidak menyurutkan semangat tim kapal Kemanusiaan Papua Barat (PB) dalam menyalurkan dan merealisasikan donasi sosial dalam bentuk program-program sosialnya. Hal ini terbukti dengan dilaksanakannya peresmian sekaligus penyerahan 1 unit rumah bantuan bagi keluarga kurang mampu.
Kegiatan ini berlangsung Rabu, 26 Agustus 2020, di Kampung Klasmelek, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong (Kabsor) dengan Keluarga bapak Rahman sebagai penerima manfaat. Dengan diserahkannya 1 unit rumah tersebut, total 4 unit rumah yang telah direalisasikan dan diserahkan oleh kapal kemanusiaan Papua Barat di wilayah Kabupaten Sorong.
Pembangunan 4 unit rumah tersebut dikerjakan dalam kurun waktu 5 bulan terakhir yang merupakan masa dimana wabah covid 19 melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia. Pembangunan 4 unit rumah bantuan ini terbagi di 2 distrik yaitu 3 unit di Distrik Aimas tepatnya 2 unit di Kelurahan Malawele dan 1 unit di Kelurahan Malasom, sedangkan 1 unit lainnya berada di Distrik Mayamuk tepatnya di Kampung Klasmelek.
Pembangunan rumah bantuan ini merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki oleh Kapal Kemanusiaan Papua Barat yang secara publikasi disebut dengan program Rumah Untuk Dhuafa (RUD). Program RUD ini berjenis bangunan semi permanent dengan ukuran 25 M² yang dibangun diatas lahan milik calon penerima manfaat. Pembangunan program RUD ini dikerjakan langsung oleh personil kapal kemanusiaan Papua Barat dalam kurun waktu tidak lebih dari 15 hari kerja.
Pelaksana program RUD ini yaitu Kapal Kemanusiaan Papua Barat merupakan divisi turunan dari Asia Muslim Charity Foundation (AMCF). Lahirnya Kapal Kemanusiaan Papua barat ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dengan AMCF. AMCF sendiri merupakan yayasan yang bergerak dibidang pedidikan, keagamaan dan kemanusiaan serta kebencanaan.
Saat ini AMCF memiliki 8 divisi kapal kemanusiaan yang tersebar di beberapa daerah yaitu Papua barat, Maluku Utara, Sulawesi selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan timur, Kalimantan selatan, dan Nusa Tenggara Timur. Selain divisi Kapal Kemanusiaan, AMCF juga memiliki divisi Pusat Kemanusiaan yang berada di Jawa timur, Jawa Barat dan Sumatra Utara. Seluruh divisi kemanusiaan AMCF tersebut diatas memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama yaitu menyalurkan dan merealisasikan donasi sosial dalam bentuk program-program sosial di wilayahnya masing-masing. (**/nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed