oleh

Kamtibmas di Maybrat Dipastikan Kondusif

SORONG – Pascainsiden penembakan orang tak dikenal (OTK) terhadap rombongan Kapolres Persiapan Maybrat usai kegiatan bhakti sosial di Kampung Aisa Distrik Aifat Timur beberapa waktu lalu, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Aifat Timur Raya dan Kabupaten Maybrat pada umumnya, sampai saat ini aman terkendali. Penegasan tersebut disampaikan tokoh masyarakat Maybrat, Maximus Air,SE,MSi kepada Radar Sorong melalui sambungan telepon seluler, kemarin.

Dikatakannya, insiden penembakan sampai saat ini masih misterius dan pihak keamanan pun belum berhasil mengungkap kasus ini. Karenanya, ia mengharapkan aparat keamanan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) lebih mendalam lagi untuk mengungkap kasus ini. 

PMB OPBJJ-UT Sorong

Maximus mengingatkan kepada kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk rekan-rekan media, inteljen, pengiat sosial media, pemerintah dan seluruh masyarakat, supaya tidak mudah terprovokasi atau menyebarkan isu-isu yang menyesatkan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. “Di Maybrat khususnya wilayah saya di Aifat Timur Raya aman-aman saja, tidak ada situasi yang berlebihan disana. Keamanan ketertiban masyarakat tetap kondusif, masyarakat beraktivitas seperti biasa, yang berkebun, yang bepergian dengan kendaraan semua kondusif seperti biasa,” tegasnya.

Selaku tokoh masyarakat dan juga Kepala Suku sementara yang dipercayakan masyarakat menggantikan (Alm) Apolos Sewa, Maximus Air mengharapkan kepada aparat keamanan TNI-Polri supaya tidak menanggapi insiden yang terjadi di Aifat Timur secara berlebihan karena bisa berdampak kepada psikologi masyarakat sipil. “Jangan sampai ada tindakan penyisiran berlebihan yang membuat masyarakat trauma,” tandasnya.

 Mengenai informasi bahwa akibat insiden penembakan membuat masyarakat menggungsi ke hutan demi keamanan diri, mantan politisi Gerindra Kabupaten Maybrat ini menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar. “Kalaupun ada informasi seperti itu (mengungsi) pasti saya selaku tokoh mendapat laporan dari masyarakat saya yang mengungsi atau merasa terancam keamanan mereka. Sampai dengan saat ini situasi baik baik saja kok,” tegas Maximus Air sembari mengajak semua komponen masyarakat menjaga Kabupaten Maybrat sebagai wilayah aman dan damai dari konflik bersenjata. (ris) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed