oleh

Kampanyekan SPT, KPP Pratama Gandeng Ketua LMA Malamoi

-Ekonomi-55 views

SORONG – Guna mengkampanyekan Laporan Surat Pemberitahun Tahunan (SPT), Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sorong menggandeng Ketua Lembaga Masyarakat Adat Malamoi, Silas O. Kalami untuk melaksanakan kewajiban melaporkan SPT Tahunan 2020 melalui e-filling.
Kegiatan yang bertema Pekan Panutan bersama Ketua LMA Malamoi dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) khusus Papua, Ahmad Rofiq bertempat di Kantor KPP Pratama Sorong, Jumat (26/2). Dalam kegiatan tersebut Kakanwil DJBC Khusus Papua dan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Malamoi melaksanakan kewajiban melaporkan SPT Tahunan 2020 melalui e-filing.
e-Filing merupakan sarana pelaporan SPT Tahunan secara elektronik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kapan saja dan dimana saja melalui laman djponline.pajak.go.id. Pada kegiatan tersebut Kepala Kantor wilayah Direktorat Jenderal Pajak Papua dan Maluku, Arridel Mindra, didampingi oleh Kepala KPP Pratama Sorong, Panca Kurniawan, menyerahkan secara langsung bukti penerimaan SPT Tahunan kepada Ketua LMA Malamoi.
Pelaporan SPT tahunan ini sudah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2021 dengan batas waktu pelaporan untuk Wajib Pajak orang pribadi hanya sampai 31 Maret 2021, sedangkan untuk Wajib Pajak Badan hingga 30 April 2021.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat Malamoi yang hadir mengenakan pakaian khas adat Moi tersebut mengajak seluruh keluarga besar masyarakat Adat Malamoi secara bersama-sama melakukan kewajiban melaporkan SPT Tahunan 2020 sebelum tanggal 31 Maret 2021.
Kepala KPP Pratama Sorong, Panca Kurniawan dalam kesempatan terpisah menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kampanye mengajak masyarakat untuk melakukan kewajiban melaporkan SPT Tahunan 2020 tepat waktu.

”Saya berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pajak bagi pembangunan yang berkelanjutan,”jelasnya, kemarin.
Sementara itu, denda keterlambatan penyampaian SPT Tahunan adalah sebesar Rp 100 ribu untuk orang pribadi dan Rp 1 Juta untuk WP badan. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut disarankan agar mengirim SPT Tahunan menggunakan sarana e-filing atau melalui Pos Tercatat.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed