oleh

Kakanwil Tinjau Ujian Psikotes Seleksi Catar POLTEKIP dan POLTEKIM Kemenkumham

MANOKWARI- Sebanyak 14 peserta Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (SIPENCATAR) sekolah kedinasan Poli Teknik Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Poli Teknik Imigrasi (POLTEKIM) Tahun Anggaran 2019 di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah mengikuti dengan baik ujian psikotest.

Bertempat di Aula Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, para peserta Sipencatar yang mengikuti psikotest ini dibagi kedalam 2 sesi yakni sesi pertama dimulai pada pukul 08.00-10.00 WIT yang diikuti sebanyak 7 peserta dan sesi kedua pada pukul 13.00-15.00 WIT yang diikuti sebanyak 7 peserta juga.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba ketika meninjau secara langsung jalan ujian psikotest, beliau mengatakan sekiranya para peserta dapat menjawab soal diujikan dengan baik sehingga hasilnya tidak mengecewakan.

“Tentu dengan pelaksanaan ujian hari ini, kita berharap bahwa peserta sebanyak 14 orang yang mengikuti dihari ini bisa menunjukan kualitas terbaik mereka dengan menjawab semua soal yang sudah diberikan,”” ujar Kakanwil.

Tidak ketinggalan, Kakanwil juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah bekerja keras mempersiapkan segala kebutuhan sehingga ujian psikotest dapat berjalan dengan baik dan tidak menemui kendala.

“Berkaitan dengan rekrutmen POLTEKIP dan POLTEKIM yang sudah dilakukan di hari ini, semuanya berjalan dengan baik. Tentu kita menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Panitia dari Biro Kepegawaian, panitia di tingkat wilayah dan juga Ombudsman Perwakilan Papua Barat yang sudah meninjau, baik di sesi pertama dan sesi kedua,”” ucap Kakanwil seraya berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah terlibat.

Kepada peserta Catar POLTEKIP dan POLTEKIP Formasi Putra/i Papua Barat yang mengikuti ujian psikotest, beliau berharap kiranya mereka semua bisa mengikuti tes dengan baik.

“Sesuai dengan kuota formasi yang diberikan untuk Orang Asli Papua, kita berharap mereka semua bisa dan dapat mengikuti pendidikan selanjutnya pada Poli Teknik Pemasyarakatan dan Poli Teknik Imigrasi,” harap Kakanwil.

Sebagai lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah dalam memantau jalannya pelayanan publik yang dilakukan oleh instansi atau lembaga kepada masyarakat/warga, Ombudsman Perwakilan Papua Barat juga turut hadir di Kanwil Kemenkumham Papua Barat memantau jalannya ujian.

Ketika dimintai keterangan, Siltonus Disyan P selaku Calon Asistan Ombudsman Perwakilan Papua Barat mengatakan bahwa kehadiran Ombudsman sebagai Pengawas Internal dalam ujian psikotest kali ini.

“Kalau mau dibilang, ini undangan ketiga dari Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat untuk Ombudsman sebagai lembaga pengawas eksternal. Ini undangan ketiga dan kami harus datang dan ini suatu kehormatan bagi Kemenkumham Papua Barat bisa mengundang Ombudsman sebagai lembaga pengawas eksternal,” beber Siltonus.

Lebih lanjut, Ombudsman juga berharap melalui ujian psikotest yang diselenggarakan secara online dapat mengurangi praktik kecurangan sehingga dapat menjaring Calon Taruna/Taruni POLTEKIP dan POLTEKIM yang mumpuni dan berdampak baik di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Papua Barat.

“Ujiannya ini, kami tahu bahwa sistemnya sistem online, tidak ada yang nama orang dalam atau sebagainya. Harapan kami agar ujian ini dapat menghasilkan yang terbaik untuk Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat,” harap Siltonus.

Berdasarkan laporan yang diterima dari panitia, total peserta yang terdaftar mengikuti ujian psikotest ini berjumlah 14 orang dengan rincian sebagai berikut, POLTEKIP Umum 1 orang, POLTEKIP Putra/i Papua Barat 3 orang, POLTEKIM Putra/i Papua Barat 4 orang, POLTEKIP Pegawai Umum 2 orang, POLTEKIP Pegawai Putra/i Papua Barat 4 orang.

Pelaksanaan ujian telah mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed