oleh

Kajari Kaimana Jadi Irup HBN Ke-71

-Sorong Raya-620 views

KAIMANA – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Kaimana Sutrisno Margi Utomo, SH.MH, dipercayakan untuk menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara perayaan Hari Bela Negara (HBN) Ke -71 tahun 2019 yang berlangsung di Stadion Triton Kaimana, Kamis (19/12).


Hadir dalam perayaan upacara HBN Ke – 71, Sekda Kaimana Rita Teurupun, Assisten II Setda Kaimana, Wakil Ketua DPRD Kaimana, Kasdim 1804 Kaimana, Kabag Ops Polres Kaimana, Danposal Kaimana dan pimpinan OPD diruang lingkup Pemda Kaimana.


Kajari ketika memberikan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo, mengatakan dewasa ini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya.


”Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekadar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI,” Pungkasnya.


Dalam sambutannya juga Kejari mengatakan sejalan dengan hal tersebut, pada tahun 2018, pemerintah pusat telah menginstruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia. Dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia.


”Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai – nilai, bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara,” Jelasnya.


Diakhir sambutannya juga Kajari menegaskan bahwa, tanpa sikap dan perilaku bela negara. Maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang di cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa.


“Maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela negara, harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras. Sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang -undang,” Tegasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed