oleh

Kaimana Urutan 1 Pengidap HIV/AIDS di Papua Barat

KAIMANA –Sekertaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kaimana, Septer Samaduda SE mengatakan berdasarkan data hasil Rapat Koordinasi (Rakornis) KPA Se – Provinsi Papua Barat di Manokwari tahun 2018 lalu. 

Kabupaten Kaimana masih tertinggi atau urutan satu penderita HIV/AIDS di Papua Barat. Sehingga menurutnya, hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi KPA Kaimana untuk mengurangi penderita dengan cara memberikan sosialisasi kepada masyarakat Kaimana. Meski sebagai kabupaten dengan penderita HIV/AIDS terbanyak namun Septer tidak menjelaskan, secara detail berapa banyak penderita yang ada di Kabupaten ini. 

“Ketika persentasi Rakornis di Manokwari tahun lalu,kita Kaimana urutan pertama penderita HIV/AIDS terbanyak di Papua Barat. Sehingga kami dalam setiap kegiatan resmi, selalu sampaikan bahwa Kaimana ini rawan HIV/AIDS. Karena penyakit ini tidak mengenal siapa korbannya, baik tua maupun mudah,”Jelasnya saat menjawab pertanyaan wartawan di Kaimana, Jumat (18/10) lalu. 

Dikatakan, sehingga pihaknya mewakili pemerintah daerah Kaimana mengajak kepada seluruh masyarakat Kaimana untuk tetap menjaga diri, serta mencegah penyebaran HIV/AIDS ini dengan cara setia kepada pasangan. 

“Hal ini menjadi tugas penting KPA Kaimana, untuk menekan hal ini dengan memberikan sosialisasi langsung kepada masyarakat Kaimana. Dan kami juga akan turun ke sekolah – sekolah untuk memberikan sosialisasi tentang bahayanya HIV/AIDS ini,”terangnya. 

Dalam keterangannya juga, Septer mengatakan jika dalam rangka HUT Sumpah Pemuda nantinya KPA Kaimana akan melakukan sosialisasi di Distrik Teluk Arguni, tentang bahaya serta penularan penyakit mematikan ini. 

“Dalam rangka sumpah pemuda, kami akan lakukan sosialisasi di Distrik Teluk Arguni, khusus kepada pemuda dan pemudi. Untuk tetap jaga diri, karena HIV/AIDS ini sangat berbahaya,”pungkasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed