oleh

Kadin PB Serap Aspirasi Perkembangan Ekonomi

-Metro-56 views

SORONG-Provinsi Papua Barat tidak hanya kaya akan potensi alam namun juga kaya akan berbagai sektor mulai dari perikanan bahkan pertambahan. Namun, sayangnya sektor-sektor tersebut tidak dapat berkembang lantaran banyak aspek yang menjadi kendala. Melihat hal tersebut, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Papua Barat menyelenggarakan rapat guna mengumpulkan seluruh pimpinan Kadin se-Provinsi Papua Barat, Kamis (4/2) di Swiss Bel Hotel Sorong.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Papua Barat, Imanuel Yenu menjelaskan bahwa kegiatan rapat pimpinan ini diselenggarakan setiap tahun untuk mengevaluasi kinerja Kadin yang sudah dilaksanakan dan yang belum terlaksana serta mempersiapkan dan menyusun program kerja Kadin. Diakui Imanuel, banyak aspek usaha yang menjadi perhatian Kadin Papua Barat sebab Kadin memiliki cakupan yang luas.

“Kami mengundang seluruh Kadin Kabupatan dan Kota datang dengan membawa potensi dan masalah yang terjadi. Kami juga mencoba mencari solusi untuk bagaimana pengembangan dunia usaha di setiap kabupaten kota dapat berjalan dengan baik,”jelasnya kepada awak media, kemarin.

Sepanjang diskusi, sambung Ketua Kadin Papua Barat, banyak masukan dari kabupaten dan kota berupa usulan dan saran terkait pengembangan dunia usaha, diantaranya, sektor infrastruktur, sektor pertanian, peternakan, perikanan hingga pertambangan yang memiliki potensi namun bagaimana potensi-potensi tersebut dapat dikembangkan.

Banyak kendala yang dihadapi Kadin kabupaten dan kota di Provinsi Papua Barat ini, seperti Kabupaten Sorong dimana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang merupakan icon perekonomian di Papua Barat namun hingga kini belum berjalan dengan baik lantaran beberapa hal seperti Amdal yang sudah 4 tahun tidak jadi kemudian, Pelindo IV yang dulunya bersepakat membangun dermaga namun tidak jadi lantaran beralasan perekonomian sekitar KEK belum tumbuh.

Sementara itu, Manager Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) A. Gani Malagapi mengungkapkan untuk menunjang pembangunan perekonomian Kabupaten Sorong satu-satu caranya adalah pelabuhan arar segera dibangun. Sebab, masalahnya adalah ketika investor mau berinvestasi yang ditanyaadalah. bagaimana dengan pelabuhan di Kabupaten Sorong. Sementara Pelabuhan saat ini masih milik Kementerian.

“Disini KEK sulit berkembang karena tidak ada pelabuhan. Tapi apabila ada pelabuhan, maka investor dapat berinvestasi di Kabupaten Sorong,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed