oleh

Kabsor Targetkan Vaksinasi 70.000 Jiwa

-Metro-66 views

Di Jembatan Puri 580 Warga ikut Vaksinasi TNI AL

AIMAS – Pemerintah Kabupaten Sorong menargetkan vaksinasi bagi 70.000 jiwa masyarakat. Hal ini sejalan dengan harapan Pemerintah Pusat guna menumbuhkan kekebalan komunal suatu daerah dengan persentase vaksinasi minimal 70%.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Untuk mendorong tercapainya target 70%, Kapolres Sorong AKBP Robertus Alexander Pandiangan, S.IK, MH dan Dandim 1802/Sorong, Letkol Inf Budiman, SE, M.I.Pol, MM juga telah menyatakan bersedia mengawal program vaksinasi tersebut. Kapolres meminta agar Dinas Kesehatan, Satgas dan Kepala Puskesmas bisa saling berkoordinasi sehingga vaksinasi bisa terlaksana dengan baik.

Bupati juga telah menginstruksikan seluruh kepala distrik melalui surat edaran, agar vaksinasi tersebut bisa disosialisasikan kepada masyarakat terlebih dahulu. Saat ini gambaran vaksinasi di Kabupaten Sorong telah mencapai 12.965 dosis dari total vaksin yang tersedia sebanyak 21.952 dosis. Sehingga saat ini masih tersisa 8.985 dosis yang belum digunakan.

“Kita harus berfikir bagaimana caranya supaya sisa vaksin yang ada dapat segera digunakan untuk mengejar target tersebut. Saya minta semua pihak saling berkoordinasi, dibantu dengan TNI-Polri. Kita harus upayakan vaksin yang ada bisa cepat dipakai, lalu pengadaan lagi,” ujar Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru, SH, M.Si.

Menurut Kapolres, jika dibandingkan dengan total penduduk Kabupaten Sorong sekitar 120 ribuan jiwa, maka 12.965 vaksin yang telah digunakan belum sampai 20 persennya. Jika yang ditargetkan 70% dari populasi penduduk yang ada, maka minimal sekitar 70.000 jiwa harusnya bisa mengikuti vaksinasi.

“Sesuai arahan Bupati, nanti bagaimana Dinas Kesehatan, satgas dan stakeholder tetkait bisa berkoordinasi dengan baik. Yang jelas kami dari TNI-Polri siap mendukung dan mendorong masyarakat ke Puskesmas. Yang penting tenaga di Puskesmas juga siap untuk memberikan vaksinasi,” imbuh Kapolres.

Sementara itu di Kota Sorong, Sebanyak 50 vial vaksin jenis Sinovac terpakai dalam kegiatan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut bertempat di Jembatan Puri, Selasa (6/7). 50 vial vaksin digunakan untuk 580 masyarakat Sorong. Sementara sekitar 420 masyarakat yang belum di vaksin, disarankan agar mengikuti vaksinasi pada Rabu (7/7).

Pantauan Radar Sorong, sejak pukul 08.00 WIT pendaftaran telah dibuka dan pukul 09.15 WIT pendaftaran telah ditutup lantaran sudah mencapai 1000 masyarakat. Hal ini, tampaknya membuat kecewa beberapa masyarakat lainnya yang tidak mendapatkan nomor antrian vaksinasi. Serbuan vaksinasi ini tidak hanya diikuti oleh orang dewasa saja tetapi juga diikuti oleh masyarakat yang berusia di atas 18 tahun dan para lansia.

Panglima Koarmada III Laksda TNI Irvansyah, S.H.,CHRMP.,M.Tr.Opsla menjelaskan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong menargetkan pelaksanaan vaksinasi ini dapat diikuti 1.000 masyarakat dalam sehari. Namun, melihat animo masyarakat yang tinggi, Panglima Koarmada III sarankan agar dilanjutkan hari Rabu, bila tidak dapat diselesaikan hari Selasa.

“Rencana saya, kegiatan vaksinasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. TNI AL mungkin dibantu dengan instansi lain baik Polres, Korem maupun Kodim, kami akan selalu membuka posko vaksinasi di sini setiap hari hingga stok vaksin habis. Kalau masyarakat yang belum mendapatkan vaksin hari ini, nanti bisa ikut dihari berikutnya,”jelasnya kepada awak media, kemarin.

Panglima Koarmada III berharap agar masyarakat Sorong Raya bisa tervaksin secepatnya agar masyarakat memiliki imun tubuh yang baik dan sehat agar dapat melanjutkan hidup, kerja dan usaha masing-masing, “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Danrem, Kapolres dan Pemerintah daerah untuk ikut berpartisipasi dengan melibatkan dokternya, perawatnya dan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi saat ini,”tandasnya.(ayu/juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed