oleh

Kabsor Segera Kebagian Vaksin

SORONG – Sama seperti Kota Sorong, Kabupaten Sorong (Kabsor) juga bakal segera kebagian vaksin untuk menekan angka penyebaran covid-19. Hal ini disampaikan Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Sorong, beberapa waktu lalu. Gubernur menjelaskan bahwa, vaksin tahap kedua masuk di Papua Barat pada tanggal 21 Januari. Selanjutnya akan segera disalurkan ke kabupaten/kota yang belum mendapatkan jatah vaksin.

“Papua Barat masih punya jatah 10.720 vaksin lagi, nanti Kabupaten Sorong juga akan kebagian. Tahap pertama jumlahnya hanya 7.160, belum mencukupi seluruh kabupaten/kota di Papua Barat. Sehingga baru Kota Sorong, Manokwari dan Manokwari Selatan yang kebagian. Kabupaten Sorong, nanti menyusul karena penyalurannya ke daerah masih perlu dikoordinasikan,” ujar Gubernur.

Dijelaskannya, bahwa vaksin yang akan masuk pada tahap kedua tersebut akan didistribusikan kepada  10 kabupaten/kota yang belum mendapat jatah vaksin pada tahap pertama. Namun masih dengan ketentuan yang sama, bahwa karena jumlahnya yang masih terbatas, sehingga vaksin diprioritaskan hanya bagi petugas medis dan kepada petugas pelayanan public.

“Jumlah 10.720 itu tidak banyak, apalagi masih ada 10 kabupaten/kota yang belum dapat. Jadi tetap, vaksin ini diberikan dengan skala prioritas, nakes dan petugas pelayanan public seperti bandara, pelabuhan atau petugas bank yang aktivitasnya adalah memberikan pelayanan kepada orang banyak,” jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa pendistribusian vaksin tahap 2 ke kabupaten/kota disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan masing-masing kabupaten/kota tersebut. Vaksin yang beredar di Papua Barat juga masih dengan jenis yang sama, yakni untuk jenjang usia 18 hingga 59 tahun.

“Kita meminimalisasi jumlah vaksin yang berlebih di daerah-derah, sehingga jumlahnya dibatasi, dan jumlah yang diterima di setiap kabupatten/kota tidak sama. Kita sesuaikan berapa banyak nakes disana, juga berapa banyak petugas pelanan public yang ada. Sehingga kami harap, dengan jumlahnya yang masih belum melimpah, vaksin ini bisa tepat sasaran,” tutup gubernur. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed