oleh

Kabsor Pertahankan Opini WTP ke-7 Kali

-Metro-133 views

AIMAS– Untuk ke-7 kalinya, Kabupaten Sorong memperoleh predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Sorong yang diapresiasi oleh Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Barat, Arjuna Sakir SE.,MM saat pelaksanaan penandatanganan dan penyerahan Laporan Hasil Penilaian (LHP)  secara virtual di Rumah Jabatan Bupati Sorong, Selasa (30/6). 

Selain Kabupaten Sorong, 6 Kabupaten Sorong di Provinsi Papua Barat juga memperoleh predikat opini WTP berdasarkan LHP LKPD Tahun 2019. Untuk itu, Arjuna Sakir menyampaikan selamat, karena Kabupaten Sorong telah mampu mempertahankan Opini WTP tersebut secara berturut-turut hingga 7 kali. 

Capaian tersebut, menurutnya bukan pemberian dari BPK, namun kewajiban dan pemerintah daerah dan harus dilakukan. Dimana, Opini mencerminkan bahwa tata kelola keuangan daerah telah dilakukan secara transparan dan akuntabel serta tidak mengakibatkan permasalahan yang bersifat material yang berdampak pada opini. 

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru SH.,M.Si menyampaikan, opini WTP yang diterima ini merupakan hasil dari sumbangsih seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mempunyai komitmen tinggi sehingga BPK memotret opini WTP. 

“Saya harap ini menjadi motivasi agar dapat bekerja semaksimal mungkin, sehingga hasil dapat berbanding lurus dengan pelayanan yang diterima kepada masyarakat,” ucapnya. 

Tak mau ketinggalan, Kota Sorong dan Kabupaten Maybrat, juga meraih prestasi penilaian Wajar Tanpa Pengecualian/WTP (Unqualified Opinion) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019.

Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, MM menyampaikan, pencapaian opini WTP ini, adalah kerja keras dari seluruh pimpinan OPD beserta staf, yang terorganisir oleh Badan Keuangan dan Asset Daerah serta Inspektorat. Pemerintah Kota sudah bekerja keras menata dan mengelola keuangan yang baik secara optimal.

Usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Pemerintah Kabupaten Maybrat yang dilakukan secara virtual di Hotel Vega Kota Sorong (30/6), Bupati Maybrat, Drs. Bernard Sagrim,MM didampingi Ketua DPRD Kabupaten Maybrat, Ferdinando  Solossa,SE dan jajaran Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Maybrat, menyampaikan ungkapan syukur kepada Tuhan karena telah menerima LHP keuangan Pemerintah Kabupaten Maybrat dengan predikat WTP.

Opini tersebut, lanjut bupati, tentu diperoleh atas dukungan dan sinergisitas seluruh jajaran pejabat ASN Kabupaten Maybrat  serta terdapat kolaborasi yang baik antara eksekutif dan legislatif.

“Saya kira opini ini diperoleh atas kerja sama, sinergisitas, kolaborasi antara eksekutif dan legislaatif, sehingga kita berusaha dengan keterbatasan yang ada, bisa mengelola semua kebijakan yang ada, terutama dalam menyampaikan laporan keuangan pemerintah daerah” ucap Sagrim.(juh/nam/ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed