oleh

Kabsor Perkuat Ketahanan Pangan Lokal

-Metro-83 views

SORONG – Penguatan ketahanan pangan di masa pandemi dilakukan masyarakat Distrik Klawak dengan menggelar pelatihan pengelolaan pangan lokal sebagai tambahan makanan bergizi bagi masyarakat. Pelatihan yang diikuti oleh kader-kader posyandu dari 10 kampung di Distrik Klawak ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan memberdayakan kaum perempuan dalam keikutsertaannya membangun daerah. Kepala Distrik Klawak, Nico Salossa dalam laporannya mengatakan bahwa dana yang digunakan untuk memfasilitasi kegiatan ini bersumber dari dana kampung. Sehingga dirinya sangat berambisi bahwa dana tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat kampung dalam mengelola potensi yang ada di daerahnya.
Bupati Sorong, Dr Johny Kamuru, SH, M.Si juga menuturkan bahwa selain kegiatan pengelolaan tersebut, pemerintah melalui OPD terkait yakni Dinas Pertanian juga telah melakukan kegiatan padat karya untuk menguatkabn stabilitas pangan dengan melakukan kegiatan padat karya.

“Ketahanan pangan lokal juga menjadi fokus pemerintah di masa pandemic ini. Dinas terkait sudah menggiatkan mengembangkan produk pertanian berupa pangan lokal seperti keladi, kasbi, petatas, jagung, sayur mayur dan sebagainya,” ujar Bupati.
Bupati berharap melalui kegiatan pelatihan tersebut, masyarakat bisa mengelola hasil pangan lokal tersebut menjadi berbagai macam kreasi sehingga tidak monoton. Kreatifitas masyarakat juga dituntut ada dalam mengolah hasil bumi tersebut menjadi makanan yang lebih ­bervariasi lagi.

“Kalau dulu masyarakat hanya bisa makan ubi-ubian itu dengan cara direbus atau digoreng, setelah pelatihan ini saya kira mungking mereka bisa belajar bikin pudding atau cake dari ubi ungu, bikin kripik dari keladi, dan sebagainya. Sehingga selain untuk konsumsi pribadi, ke depan ada peluang yang terbuka untuk memasarkan hasil olahan mereka. Ini berkaitan dengan peningkatan perekonomian bagi masyarakat di kampung supaya lebih baik lagi,” jelas bupati. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed