oleh

Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 masih Rendah

-Metro-38 views

Kenaikan kasus positif Covid-19 di Kota Sorong selama tiga hari belakangan ini terus meningkat tajam, terhitung sejak hari Sabtu 26 September 2020, ada penambahan 98 kasus, kemudian di hari Minggu pun penambahan 11 kasus dan di hari Senin 28 September 2020 pun penambahan 2 kasus baru. Sehingga total kasus positif di Kota Sorong menjadi 854 kasus.

Meskipun kenaikan kasus yang siginifikan dan masih menempati posisi pertama sebagai jumlah kasus positif terbanyak, nyatanya juga ada penambahan orang sembuh dari Covid-19 sebesar 51 persen atau sebanyak 437 orang. Melihat jumlah kesembuhan yang tidak terlalu signifikan atau rendah tersebut, Juru Bicara Tim Gustu Percepatan penanganan Covid-19 Kota Sorong, Ruddy R Laku mengatakan padahal semua proses penanganan sudah sesuai dengan protap.

“Penanganan tetap kami lakukan baik di RS maupun di Diklat Kampung Salak,”jelas Jubir Covid-19 Kota Sorong.

Tingkat kesembuhan bila dibandingkan dengan penambahan kasus positif, tambah Ruddy penambahan positif justru terlalu cepat mengalami kenaikan. Sedangkan tingkat kesembuhan terbilang rendah, namun tentunya tim Satgas maupun tim kesehatan dalam melakukan pelayanan sudah sesuai dengan protap yang ada baik pengawasan bagi makan dan gizi yang diterima termasuk obat-obatan vitamin tetap dalam pengawasan ahli gizi dan dokter.

“Ini tergantung pada masyarakat yang sudah positif yang seharusnya santai dan ikuti petunjuk dari medis dan juga kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan supaya penambahan positif tidak bertambah,”ungkapnya.

Ia menuturkan, penambahan kasus positif yang signifikan ini lantaran telah terjadi transmisi lokal dan akibat kontak erat dengan pasien positif. Sementara itu, Ruddy kembali merilis data penyebaran Covid-19 di Kota Sorong, per tanggal 27 September 2020 dimana orang yang melakukan kontak erat sebanyak 4.253, yang sudah menjalani proses karantina sebanyak 67 orang dan discharded sebanyak 4.186 orang. 

Kemudian suspect sebanyak 568 orang, yang sudah menjalani proses karantina 53 orang, yang sedang dirawat 10 orang dan discharded 505 orang. Selanjutnya probable 5 orang, hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif 852 orang dan negatif 2998 Sementara yang sembuh naik menjadi 437 orang. Meninggal dunia RT-PCR (+) 13 orang, RT-PCR (-) 4 orang dan probable suspek 5 orang.  

“Kota Sorong masih merupakan zona merah penyebaran Covid-19. Saat ini sebanyak 96 orang tengah menjalani karantina di Gedung Diklat Kampung Salak, rencananya hari ini 10 orang akan masuk lagi, sehingga total yang dikarantina di Kampung Salak sudah 106 orang,” terangnya.

Ruddy mengatakan, Covid-19 masih ada diantara warga Kota Sorong, yang ditandai dengan meningkatnya kasus positif lantaran transmisi lokal. Oleh karena itu, seluruh masyarakat kembali diimbau untuk tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Sorong, merupakan tanggung jawab semua pihak.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed