oleh

Jumlah Kurban Tahun 2020 Alami Penurunan

-Metro-91 views

SORONG– Jumlah hewan kurban tahun 2020 diprediksi mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019. Mengingat tahun 2019 lalu jumlah hewan kurban sebanyak 480 ekor, namun tahun 2020 ini diprediksi hanya sekitar 300 hingga 400san ekor. Hal tersebut merupakan dampak dari wabah Corona yang melumpuhkan segala macam akitivitas di Kota Sorong.

Ketua Panitia Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Sorong, Suryadi S.Ag menjelaskan, PHBI Kota Sorong tidak melakukan pengecekkan jumlah keseluruhan hewan kurban di seluruh masjid di Kota Sorong. Namun, berdasarkan pantauannya dari penyampaian di setiap masjid jumlah hewan kurban tahun 2020 diperkirakan sekitar 300 hingga 400 ekor.

“Tahun ini kami fakum, tetapi tahun 2019 kemarin, jumlah hewan kurban sebanyak 480an ekor dan jumlahnya memang lebih banyak tahun kemarin dibandingkan tahun 2020 karena situasinya berbeda. Dimana tahun ini kita dihadapkan dengan wabah corona,”jelasnya kepada Radar Sorong, Minggu (2/7).

Diakui Ketua PHBI Kota Sorong, pemantauan jumlah hewan kurban sudah dua kali dilakukan oleh PHBI Kota Sorong, hal ini berdasarkan koordinasi dengan pihak Baznas Kota Sorong, sebab biasanya Baznas yang memantau jumlah hewan kurban.

Sementara itu, pemotongan hewan kurban sebanyak 14 ekor di Masjid Raya Al-Akbar Kota Sorong pada Sabtu (1/8) pagi berlangsung dengan lancar. Pemotongan hewan kurban tersebut dilakukan oleh H. Zaini dengan dibantu oleh pengurus masjid Al-Akbar Sorong. Selanjutnya, hasil dari pemotongan hewan kurban tersebut dibagikan kepada 1000 warga yang berhak menerima daging kurban.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed