oleh

Jokowi Kurban Sapi Brahma di Papua Barat

-Berita Utama-1.005 views

Gubernur Sumbang Hewan Kurban 63 Ekor Sapi

MANOKWARI-Presiden RI Joko Widodo berkurban 1 ekor sapi di Provinsi Papua Barat. Hewan kurban presiden seberat 500 kg, diserahkan Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan dan diterima Ketua PHBI (Persatuan Hari-Hari Besar Islam) Kabupaten Manokwari, H Abdul Rohim di Masjid Fasharkan TNI-AL  Manokwari, Jumat (9/8).

Dominggus Mandacan selaku Gubernur Papua Barat dan Kepala Suku Besar Arfak juga menyerahkan hewan kurban darinya sebanyak 63 ekor sapi. Hewan kurban gubernur disebar ke kabupaten/kota, kecuali Pegunungan Arfak dan Maybrat. Perinciannya, di Manokwari 23 ekor, Manokwari Selatan 4 ekor, Teluk Wondama 4 ekor, Kaimana 4, Fakfak 4, Bintuni 4, Sorong Selatan 4, Kab Sorong 4, Raja Ampat 4, Kota Sorong 6 ekor dan Tambrauw 2 ekor. “Kapasitas saya sebagai gubernur dan kepala suku besar Arfak saya menyumbang hewan kurban,” kata Dominggus.

Hewan kurban dari Presiden Jokowi merupakan sapi hasil perkawinan Brahma dan sapi Bali, namun lebih dominan Brahma. Hasil inseminasi penyuluh pertanian di Manokwari dan dikembangkan di wilayah dataran Prafi. Hewan kurban  diserahkan melalui PHBI ini diharapkan Gubernur, agar dapat diteruskan  kepada umat yang berhak  menerimanya. “Dibagi kepada mereka yang berhak menerimanya,” ujarnya.

Pada momen Idul Adha, Gubernur mengajak seluruh umat beragama di daerah ini untuk menjaga kebersamaan serta menciptakan keamana dan ketertiban. ‘’Mari kita jaga NKRI, tanah Papua, Papua Barat, membangun dengan kasih, mempersatuan dengan kasih dan mewujudkan Papua Barat yang aman sejahtera dan bermartabat,” tutur Gubernur.

Ketua PBHI Manokwari, Abdul Rohim menyampaikan ucapan terima kepada Presiden RI dan Gubernur Papua Barat yang telah menyerahkan  hewan kurban. Dia mengatakan, PHBI mendapat 5 surat permintaan hewan kurban dari umat Islama di dataran Warpramasi (Warmare, Prafi, Masni dan Sidey). Hewan-hewan kurban termasuk dari gubernur akan dibagikan lagi ke sejumlah masjid termasuk di Warpramasi. Selain dari presiden dan gubernur, PHBI juga mendapat sumbangan hewan kurban dari Bupati Manokwari.

Kepala Dinas  Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua Barat, drh. Hendrikus Fatem kepada wartawan mengatakan, hewan kurban dari Presiden Jokowi dibeli langsung sekretariat kabinet. “Mereka yang beli dan sekaligus membawa dokter untuk memeriksa hewan yang akan dikurbankan. Kita hanya diminta tolong menyerahkan,” ujar Fatem sambil menyebut harga sapi kurban dari presiden Rp 35 juta. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed