oleh

Jemput Bola, TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi di Pulau Soop

-Metro-32 views

SORONG-Jemput Bola hingga ke daerah yang sulit transportasi dan sulit terjangkau, merupakan suatu inovasi yang dilakukan TNI Angkatan Laut saat melaksanakan serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim wilayah kerjanya. Hal tersebut dibuktikan dengan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat maritim yang mendiami Pulau Soop, Sabtu (17/7).

Pantauan Koran ini, dengan mengandalkan transportasi milik TNI Angkatan Laut, para tenaga kesehatan (Nakes) diboyong ke Pulau Soop untuk melakukan vaksinasi terhadap masyarakat yang mendiami Pulau Bahari Nusantara tersebut. Selain itu, Panglima Koarmada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., bersama Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi melaksanakan peninjauan langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut.

  Pangkoarmada  menjelaskan TNI AL yakni Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 melaksanakan serbuan vaksinasi di Pulau Soop serta pulau-pulau sekitarnya. Karena sesuai perintah Panglima TNI serta arahan Kasal, TNI AL melaksanakan serbuan vaksinasi di daerah-daerah yang sulit terjangkau.

  “Jadi, kesulitan yang kami lihat di sini adalah transportasi dari pulau-pulau sekitar, kedua belum adanya listrik serta jalan-jalan pada desa di Pulau Soop belum terhubung dengan baik sehingga kendaraan pun jarang,”jelasnya kepada awak media, kemarin.

  Maka, masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi, tambah Pangkoarmada III harus dijemput dengan kendaraan roda 3 dan itu membutuhkan waktu. Akan tetapi, animo masyarakat yang mengikuti vaksinasi cukup tinggi, karena masyarakat di Pulau Soop ini merupakan binaan TNI AL untuk menjadikan Kampung Bahari Nusantara.

  “Mereka mereka sudah mengenal kita dan komunikasi terjalin dengan baik sehingga animo masyarakat cukup tinggi. Hanya saja, untuk berikutnya kami masih terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah serta instansi lain seperti Korem hingga Polres untuk terus menjaring masyarakat yang belum mau divaksin,”terangnya.

  Kesulitan lainnya, sambung Pangkoarmada III adalah ia merasa takut jika tenaga kesehatan akan terpapar COVID-19 lantaran terus melaksanakan vaksinasi, sehingga menyebabkan kondisi Nakes turun. Namun, ia berharap hal tersebut tidaklah terjadi.

  “Sekarang, target kita hari ini 1000 orang tetapi karena kesulitan saat ini, kami takutkan tidak cukup namun kami akan teruskan lagi di hari-hari berikutnya. Dimana, besok kita akan ke Pelabuhan Sorong karena ada tenaga bongkar muat (buruh) di sana yang banyak belum tervaksin atau belum mau divaksin,”ungkapnya.

  Di tempat berbeda, Kepala Staf Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho menambahkan khusus di Pelabuhan Sorong, Minggu (18/7)  pihaknya menyasar masyarakat maritim yang ada di wilayah Pelabuhan Sorong dengan bekerja sama pihak KSOP, Pelindo hingga instansi terkait.

  “Saat ini, vaksin yang digunakan adalah sinovac, selain pulau dan pelabuhan, kemungkinan juga akan menyasar ke Pasar Boswesen yang berada di pinggir laut. Karena kami TNI Angkatan Laut menggelar vaksinasi secara masif di seluruh jajaran dengan menyasar masyarakat maritim khususnya,”ujarnya.

  Saat ditanya terkait buruh bagasi di Pelabuhan Sorong yang belum mau divaksin, Kepala Staf Koarmada III mengatakan pihaknya dengan menggandeng KSOP, Pelindo maupun instansi lainnya sudah melakukan pendekatan, namun mungkin ada yang belum tahu sehingga pastinya akan didatangani dan disampaikan secara langsung.

  “Kami sudah melakukan edukasi melalui para petugas termasuk juga menggandeng KSOP, Pelindo dan instansi terkait dengan melakukan pendekatan. Tapi saya menyakini juga pasti ada yang belum sampai, pastinya kita akan datang dan menyampaikan langsung,”ungkapnya.

  Saat ini, sambung KS Koarmada III bahwa Dinas Kesehatan Kota Sorong telah menyiapkan 583 dosis vaksin bagi masyarakat di Pelabuhan Sorong. Oleh sebab itu,  ia mengajak seluruh masyarakat agar ikut vaksinasi bersama TNI AL agar membentuk kekebalan tubuh, sehat dan berdampak pada pemulihan ekonomi.“Pesan Kasal, kami mendukung masyarakat Papua,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed