oleh

Jelang Natal, Kue Kering Masih Sepi Pembeli

-Ekonomi-177 views

SORONG – Pedagang kue kering yang mulai bermunculan menjelang Hari Raya Natal seperti saat ini, kali ini mungkin akan mengeluhkan kondisi lapaknya yang sepi pembeli. Seperti halnya Nikma, salah seorang pedagang kue kering di Pasar Sentral Remu yang juga mengeluhkan sepinya pembeli di masa pandemi ini.
Wanita muda yang kesehariannya berdagang komoditi bumbu dapur ini, mengaku sudah beberapa tahun belakangan menjadi pedagang musiman dengan berjualan kue kering jelang momen hari raya. Nikma mengaku, keuntungan dari berjualan kue kering selama beberapa tahun belakangan cukup menjanjikan, namun lain halnya dengan tahun ini.

“Masih sepi sekali kak, mungkin faktor pandemi juga, ekonomi mungkin agak sulit. Tapi kita lihat nanti juga, mungkin H-3 baru mulai rame,” ujarnya saat ditemui Radar Sorong di sela kesibukannya. Nikma dan keempat orang karyawannya mampu menyulap 10 Kg tepung menjadi kue setiap harinya. Kue kering asli buatan tangan Nikma dihargai Rp 40.000 per toplesnya, sementara untuk kue yang dibungkus plastik dihargai Rp 20.000 per bungkus. Puluhan macam kue kering dapat ditemukan di lapak sederhananya, tapi yang jadi favorit kue nastar keju, kue rambutan dan kue kurma. Soal rasa, dijamin tidak mengecewakan.

“Tapi kue kurma belum ready, mungkin seminggu lagi. Tidak ada kue titipan orang disini, bukan kue Surabaya, asli bikin sendiri semua. Jadi soal rasa bisa diadu,” terangnya. Meski kondisi tahun ini agak sepi, Nikma tetap yakin bahwa dagangannya akan habis. Apalagi kue keringnya cukup tahan lama sekitar 1 hingga 1,5 bulan. Jika tidak habis, Nikma akan mengobral dagangan kuenya.

“Sekarang saya masih jual harga normal. Kalau belum habis, puncak perayaan natal biasanya kita obral dulu bisa Rp 35.000, atau paling murah bisa Rp 25.000. Kalau terpaksa tidak habis juga, kita bawa ke panti atau bagi saja untuk tetangga. Yang penting jangan sampai dibuang,” imbuhnya. Nikma berharap, sepinya pembeli saat ini akan berubah beberapa hari jelang puncak perayaan Natal tahun ini. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed