oleh

Jelang Natal, Harga Sembako Masih Stabil

KAIMANA – Perayaan hari raya Natal 25 Desember terhitung kurang lebih sebulan lagi. Tuntutan akan sembilan bahan pokok (sembako), biasanya menjelang perayaan hari raya besar keagamaan di Kaimana meningkat. Peningkatan kebutuhan sembako oleh masyarakat kadang dibarengi dengan kenaikan harga pula.

Hj. Jo Sahra salah satu pedagang di Pasar Inpres Krooy Kaimana, kepada Radar Sorong disela-sela aktivitas di toko miliknya mengatakan, untuk harga sejumlah bahan pokok masih aman dan stabil.

“Soal harga sembako masih aman-aman, sedikit naik harga itu bawang merah. Akhir bulan lalu untuk bawang merah saya jual Rp38.000 per kg, sekarang harga naik Rp42.000 per kg, karena memang kita ambil dari pemasok juga mahal,” jelasnya ketika dikonfirmasi, Kamis (12/11).

Berbeda dengan harga bawang merah yang sedikit mengalami kenaikan, harga telur di Kaimana sedikit mengalami penurunan harga per rak untuk merek telur tertentu. Harga sebelumnya telur per rak dibandrol oleh para pedagang di Pasar Inpres Krooy Kaimana Rp70.000, namun untuk saat ini harga telur Rp65.000 per rak.

“Bukan merek lainnya Rp60.000 per rak, kalau untuk telur merek jangkar Rp65.000 per rak,” katanya.

Dikatakan perempuan asal Sulawesi Selatan ini, harga beras semua ukuran tidak mengalami kenaikan. Namun menurutnya untuk harga minyak goreng dengan ukuran serta merek tertentu, sedikit mengalami kenaikan.

“Minyak goreng semua merek harga ada sedikit naik, minyak goreng ukuran 5 liter biasanya Rp80.000, kini naik menjadi Rp82.000,” katanya.

Taufik Shio, distributor sembako di Kaimana ketika dikonfirmasi melalui aplikasi pesan singkatnya mengatakan, untuk stok sembako yang dimilikinya aman sampai selesai Natal. Namun dirinya memprediksikan akan mengalami kenaikan harga khususnya minyak goreng semua ukuran, di awal bulan Desember nanti.

“Untuk stok sembako aman sampai awal tahun 2021. Harga yang ditakutkan hanya minyak goreng, kemungkinan diawal Desember ada kenaikan hingga 5 persen. Untuk beras stok aman dan kami jamin harga tidak akan naik sampai Januari 2021,” ujarnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed