oleh

Jelang Lebaran, Transaksi Nasabah Bank Papua Naik 60%

-Ekonomi-69 views

Didominasi Tarik Tunai dan Transfer

AIMAS – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh pada Kamis (13/5), aktivitas nasabah Bank Papua Cabang Aimas mengalami peningkatan. Peminpin Cabang Bank Papua Aimas, Fernand Aqman W mengungkapkan bahwa persentase peningkatan aktivitas nasabah tersebut mencapai angka 40% sampai 60% dibandingkan dengan hari normal.
Aqman menjelaskan bahwa aktivitas tersebut didominasi oleh nasabah yang melakukan transaksi penarikan tunai dan transfer, baik melalui teller maupun melalui ATM. Bahkan di ATM, aktivitas nasabah yang bertransaksi melalui ATM tercatat masih tinggi.

“Minggu ini banyak nasabah yang melakukan transaksi penarikan, namun cukup tinggi juga nasabah yang melakukan transaksi transfer untuk sanak saudaranya yang ada di luar kota. Kondisi ini mungkin didorong karena adanya larangan mudik, sehingga THR yang seharusnya diberikan secara tunai akhirnya hanya bisa dikirimkan ke rekening penerima,” jelas Aqman.
Kondisi tingginya aktivitas nasabah perbankan, lanjut Aqman, bukanlah merupakan hal baru. Dirinya memaklumi kondisi tersebut, sebab layanan perbankan memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat terutama saat menjelang hari raya. Namun, jika dibandingkan dengan lebaran tahun lalu, jelang lebaran kali ini aktivitasnya jauh lebih padat.

“Tahun lalu agak sedikit menurun karena ada pembatasan jam kerja, pembatasan jumlah pekerja juga. Sementara untuk tahun ini terbilang agak lebih leluasa. Bahkan pegawai kami sudah aktif bekerja di kantor tidak dari rumah lagi, jam kerja pun normal. Kami juga memastikan unit ATM yang tersebar di Kabupaten dan Kota Sorong dapat memenuhi kebutuhan nasabah selama 24 jam,” jelasnya.
Terkait lonjakan aktivitas nasabah, Bank Papua juga tetap teguh menerapkan protokol kesehatan yang maksimal serta memanage betul antrian nasabahnya. Bukan hanya saat ini tetapi sudah sejak awal pandemi, sehingga meskipun aktivitas nasabah meningkat, risiko transfer covid-19 juga tidak semakin tinggi.
Sementara itu, untuk layanan perbankan Bank Papua dengan sistem digital terbilang surut. Hal tersebut, kata Aqman, dikarenakan banyak nasabahnya yang kebanyakan merupakan ASN di Kabupaten Sorong lebih antusias bertransaksi langsung di teller maupun di ATM. Kendati demikian, dirinya juga berupaya mengedukasi nasabah bahwa kini Bank Papua juga telah memiliki layanan perbankan digital melalui mobile banking yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi transfer dengan limit yang tinggi hingga Rp 25.000.000 per hari.

“Kami juga memiliki mobile banking namun saat ini masih internal. Karena pada umumnya ASN Kabupaten Sorong cenderung lebih senang mendapatkan layanan secara langsung dengan cara datang ke bank atau ke ATM. Tapi kami terus berupaya melakukan edukasi,” pungkasnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed