oleh

Jelang Lebaran, Penjualan Gamis Meningkat

-Ekonomi-139 views

SORONG – Kurang dari dua pekan jelang perayaan Idul Fitri 1442 hijriah bagi umat muslim, nuansa lebaran rasanya sudah semakin dekat. Masyarakat mulai menyerbu gerai-gerai atau took busana muslim di pusat-pusat perbelanjaan.
Pemandangan serupa juga terlihat di beberapa toko pakaian yang berlokasi di sepanjang jalan utama di Kabupaten hingga Kota Sorong. Selain itu kebutuhan lebaran seperti pakaian gamis dewasa dan anak-anak juga banyak didapatkan lewat olshop atau penjualan online.
Pantauan Radar Sorong, Toko Bogani Shop di Jalan Basuki Rahmat mulai ramai pembeli. Menurut pemilik toko tersebut, penjualan baju gamis di tokonya memang mengalami peningkatan jelang lebaran tahun ini. Permintaan baju gamis tersebut didominasi oleh gamis dewasa dan gamis anak-anak. Ia bahkan sudah beberapa kali membongkar stok barang yang masuk, namun hal tersebut tidak membuat barang menumpuk karena tingginya penjualan.

“Baru masuk semua, gamis-gamis model paling kekinian, yang syar’i ada, yang modern juga banyak. Tahun ini termasuk cepat penjualannya jika dibandingkan dengan tahun lalu. Tadi juga banyak barang baru yang masuk, tapi belum dieksekusi, tunggu beberapa hari lagi. Banyak sekali model gamis-gamis terbaru. Kalau penasaran, dua hari lagi datang belanja kesini,” terangnya sambil sedikit menggoda pelanggan untuk berbelanja lagi.
Tak hanya toko offline, olshop juga masih menjadi pilihan banyak kalangan masyarakat Kota Sorong untuk berbelanja pakaian lebaran termasuk gamis. Zizi, salah seorang pemilik olshop di Sorong mengatakan kebutuhan pakaian baru jelang lebaran kali ini juga membuat dirinya kewalahan. Pasalnya banyak stok barang untuk toko onlinenya yang tiba meleset dari estimasi waktu yang diperkirakan karena overload. Diakui Zizi, lebaran kali ini toko onlinenya kembali membaik, tak seperti lebaran tahun lalu.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Olshop saya hanya dikhususkan untuk produk pakaian dari bran tertentu seperti elzatta, oclo, zara dan beberapa brand ternama lainnya yang memang agak susah ditemukan di Sorong. Alhamdulillah tahun ini membludak, bahkan saya sudah closed order tanggal 30 April kemarin karena sudah overload. Padahal di tahun kemarin, saya baru closed order H-7 lebaran,” jelas Zizi.
Dikatakan Zizi, model busana muslim belakangan ini sangat beragam. Sebagian orang, khususnya generasi milenial, menjadikan busana serba tertutup sebagai bagian dari lifestyle. Sehingga dirinya juga tidak heran jika busana muslim semakin laris jelang lebaran ini.

“’Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Potensi pasar busana muslim di Indonesia, selalu menjanjikan. Ada juga tren dalam masyarakat bahwa hari raya selalu identik dengan baju baru. Jadi, penjual baju muslim pasti panen kalau jelang hari raya begini,” tutupnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed