oleh

Jangan Percaya Kepada Calo

-Metro-19 views

“Yang dirilis kemarin itu kasus kedua yang kami laporkan, sementara kami telah melaporkan dua kasus. Jadi kami berharap kasus pertama pemalsuan yang kami laporkan juga ditindaklanjuti. Apalagi pada kasus pertama bukan hanya dokumen perjalanan yang dipakaikan tetapi termasuk juga hasil rapid test-nya, sehingga ini lebih fatal,” Tutur Sekretaris Gustu Covid-19 Kota Sorong, Herlin Sasabone.

Dikatakanya, pemalsuan dokumen di Kota Sorong ini ditemukan hampir setiap kali pada saat ada kapal masuk ke Pelabuhan Sorong. Hanya saja dari hasil identifikasi tim Gustu Covid-19 di lapangan ditemukan bahwa yang memegang pemalsuan dokumen tersebut rata-rata adalah korban.

“Artinya mereka ditipu oleh pelaku pemalsuan, sehingga kasus seperti ini kita tidak bisa memproses secara hukum namun berikan sanksi sosial atau melakukan pendekatan semata,” jelasnya.

Herlin mengimbau agar masyarakat bisa langsung datang ke Posko Gustu Covid-19 dalam pengurusan administrasi atau dokumen perjalanan. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada upaya pemalsuan dokumen oleh oknum-oknum nakal. Masyarakat juga diminta tidak percaya pada calo-calo dari daerah asal, karena dokumen yang dipalsukan pasti akan terungkap pada saat pemeriksaan di daerah tujuan. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed