oleh

Jangan Libatkan Anak dalam Kegiatan Politik

Hingga saat inimasih sering dijumpai dibeberapa kegiatan politik akhir-akhir ini dengan hadirnya anak-anak. Keikutsertaan anak dalam kegiatan politik biasanya dikarenakan kelalaian orang tua.

Kehadiran anak dalam kegiatan politik mendapat tanggapan serius dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A)  Kabupaten Kaimana.  Oleh karena itu dilarang melibatkan anak dalam kegiatan politik.

“Merujuk sesuai Undang – Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, di dalam pasal 15 dan pasal 76 melarang dengan tegas bahwa,  dilarang melibatkan anak dalam kegiatan politik,” tegas Kabid Perlindungan Hak Perempuan Dinas P3A Kabupaten Kaimana, Ramina Furu, ketika dikonfirmasi belum lama ini di Kaimana.

Dikatakan Ramina, dari berbagai kegiatan politik menjelang Pilkada Kaimana, sejauh ini pihak Dinas P3A sudah melakukan pemantauan dan sangat menyayangkan karena masih ditemukan adanya keterlibatan anak.

“Semoga ke depan kami dilibatkan dalam berbagai kegiatan politik, dalam artian pengawasan kami terhadap keterlibatan anak sehingga bisa menciptakan Pemilu yang ramah anak,” ujarnya.

Ramina menegaskan, sesuai Undang – Undang nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, ada sanksi pidana bagi yang melanggar dengan tetap melibatkan anak dalam kegiatan politik.

“Akan tetapi sesuai perubahan Undang – Undang Nomor 35 tahun 2004, tidak diatur secara jelas. Namun ada peraturan pengganti, berupa Peraturan Pemerintah yang telah mengatur tentang sanksi pidananya,” katanya.

Perempuan asal Teluk Arguni ini mengharapkan, bagi peserta Pemilu untuk bisa menghadirkan kampanye yang ramah anak. “Dari tahun ke tahun, kami di Dinas P3A Kaimana melihat setiap ada pesta demokrasi, tidak ada calon atau kandidat yang mengajukan usulan berkaitan dengan anak. Sehingga kami berharap para kandidat bisa menerapkan kampanye yang ramah anak, serta memasukan isu perlindungan anak dalam visi misi mereka,” harapnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed