oleh

Jangan Buang Sampah di Kali Remu !

-Metro-31 views

Seluruh warga sejatinya harus saling mengingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan, utamanya di sepanjang saluran air maupun kali Remu, selain mengotori lingkungan sungai, hal tersebut berpotensi dapat menyebabkan banjir.

Salah satu RT di Kelurahan Remu Selatan, yaitu RT 001/RW 005 Kelurahan Remu Selatan, Distrik Sorong Manoi. Program kebersihan menjadi salah satu dari beberapa program lainya yang ditawarkan kepada warganya.

“Ada beberapa program, tapi yang utama yaitu kebersihan lingkungan, karena kami tinggal tidak jauh dari kali Remu,” terang Ketua RT 001/RW 005 Kelurahan Remu Selatan, Distrik Sorong Manoi, Rahmat Fajar,  kepada Radar Sorong, kemarin.

Ia menyebutkan, tidak mudah mengubah mindset (pola pikir) sebagian masyarakat sekitar kali Remu untuk tidak lagi membuang sampah di Kali Remu. Bagi mereka jam malam merupakan waktu paling tepat untuk membuang sampah di kali. Toh tidak ada yang lihat.

Namun dengan program kebersihan yang ditawarkan, pendekatan dengan kekeluargaan, masyarakat tidak lagi membuang sampah di kali Remu.

Menurut Rahmat, persoalan kebersihan hingga sekarang seakan tak ada habisnya. Membuang sampah di sembarang tempat kini seakan menjadi tradisi yang masih terus dilakukan sebagian orang. Meskipun sering terjadinya banjir akibat penumpukan sampah di saluran pembuangan air, tak mengubah kebiasaan warga untuk membuang sampah pada tempatnya.

Masalah kebersihan ini merupakan persoalan bersama yang harus ditangani secepatnya. Kondisi ini jangan menjadi penyakit yang terus dibiarkan hingga menjadi akut hingga susah untuk diobati. Akibatnya, tidak akan ada perubahan dan persoalan ini terus berlanjut hingga ke depan.

Melalui kemauan serta kerja sama dari seluruh pihak maka pencapaian itu dapat dicapai. Dalam mengatasi persoalan sampah ini, hal pertama yang harus dibenahi adalah pola pikir dari masyarakat. Dengan menanamkan paradigma membuang sampah di tempat yang telah disediakan maka kebersihan ini akan dicapai.

Dengan adanya rasa dalam mewujudkan lingkungan yang bersih tentu persoalan kebersihan ini bisa tertangani maksimal. Karena persoalan ini tidak hanya bertahan dalam satu atau dua hari tapi diharapkan dapat berkelanjutan. Sehingga lingkungan tetap terjaga bersih dan bebas dari sampah.

Kalau memang ada kemauan dari diri kita sendiri tentu ini akan tercapai. Dan kita harus dapat menumbuhkan rasa memiliki. Dari Warga RT 001/RW 005 dibentuk tim kebersihan yang terdiri dari 5 orang untuk melaksanakan tugas khusus bidang kebersihan di lingkungan. Dengan adanya tim keberisihan ini. Warga tidak lagi membuang sampah di kali Remu. Mereka cukup mengumpulkan sampah mereka dan menaruhnya di depan rumah masing-masig. Nanti tim kebersihan yang akan mengambil dan membuang sampah warga pada tempat pembuangan sampah. (raf)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed