oleh

Jalan Baru Aimas, Dibangun Median Jalan

-Metro-715 views

AIMAS– Jalan Nasional Sorong – Klamono yang selama ini digunakan sebagai jalan 1 arah dari Tugu Merah menuju Alun-alun Aimas, kini dibangun median jalan. Pembangunan median jalan tersebut nantinya mempengaruhi rekayasa lalu lintas yang nantinya akan diberlakukan di dua jalan dari Km 19 hingga Km 23 Kabupaten Sorong. 

“Ke depannya, jalan yang dibangun median jalan ini akan di manfaatkan jadi dua jalur,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong, Ir. Natanael, M.Si kepada Radar Sorong, Kemarin (14/10).

Dua jalur yang direncanakan nantinya akan digunakan untuk sebelah kiri menuju Kantor Bupati Sorong dari Alun-alun dan sebelah kanan jalan dari arah sebaliknya. Sementara jalan lama nantinya akan tetap difungsikan, namun diperuntukkan bagi kendaraan dengan muatan besar. 

“Jalan lama tetap digunakan, median jalan ini karena memperhatikan frekuensi lalu lintas di jalan tersebut, tapi apapun konsepnya, keputusan tetap dari bupati,” jelas Natanael. 

Kondisi jalan yang cukup banyak mengalami kerusakan di jalan yang lama, menurut Natanael hal tersebut merupakan jalan Nasional yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga Pemerintah Daerah menunggu hasil dari studi yang dilakukan, diharapkan dapat dilakukan perbaikan konstruksi.

Menurutnya, pembangunan jalan lama (nasional) tersebut harus memiliki kapasitas penggunaan jalan yang mampu menahan beban kendaraan dengan sumbu tertentu. “Kalau jalan Nasional, ada kapasitas penggunaan jalan yang dilihat, untuk menahan beban dengan sumbu yang diinginkan, misalnya kendaraan alat berat atau kendaraan gandangen,” jelasnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed