oleh

Jaksa Tetap Adili 27 Rusuh Kota Jayapura

JAYAPURA-Kejaksaan Tinggi Papua, akan tetap melakukan Proses peradilan 27 tersangka dalam kerusuhan Jayapura pada 29 Agustus 2019 lalu, di Kota Jayapura, tidak seperti Muchtar Tabuni yang disidangkan di luar Papua, hal ini karena Tabuni merupakan tersangka kasus dugaan makar, berbeda 27 tersangka lainnya yang merupakan kriminal.
Hal ini diungkapkan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Heffinur, kepada wartawan di Kantor Kejaksaan Tinggi Papua, Jumat (18/10) “27 tersangka sudah kami terima dan kasusnya ditangani Kejari Jayapura. Langkah hukum yang diambil oleh Polda Papua dengan dibantu Mabes Polri tengah kita laksanakan,” jelasnya.
Dikataka, 27 tersangka telah diterima pihaknya dari penyidik Direktorat Reskrimum Polda Papua, pada Rabu 16 Oktober 2019 lalu. Penyerahan tersebut menyusul diterbitkannya P-21 (berkas perkara lengkap) oleh Kejaksaan Tinggi Papua, dengan surat nomor B-208/R.1.4/ Eku.1/10/2019 tertanggal 7 Oktober 2019.
Sementara untuk 14 tersangka dalam kerusuhan Wamena, kata Heffinur, masih dalam proses pemberkasan (tahap satu). “Yang terkait Pasal 170 tentang pengerusakan akan kta sidangkan di Papua,” jelasnya.
Sebelumnya, Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Papua menyerahkan 27 tersangka kerusuhan Jayapura ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, Rabu 16 Oktober 2019 lalu.
Penyerahan tersangka kerusuhan mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian di Kantor Kejaksaan Negeri Jayapura. Bahkan pihak keluarga tak bisa mendekati tersangka yang akan menjalani proses penyerahan tahap II.
Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, penyerahan 27 tersangka (perusuh) itu untuk menindak lanjuti diterbitkannya P-21 oleh Kejaksaan Tinggi Papua. Pelimpahan para tersangka pun sebagai bukti keseriusan polisi dalam mengangani kasus kerusuhan Jayapura.
Kamal menambahkan, para tersangka ini dijerat dengan pasal berbeda sesuai dengan peran masing-masing dalam kerusuhan di Jayapura. Misalnya, terkait perusakan, pembakaran fasilitas umum, melakukan tindakan pencurian dan kekerasan hingga perbuatan kejahatan lebih dari satu orang.
Adapun identitas 27 tersangka dalam kerusuhan Jayapura itu antara lain DH, RK, DK, IH YMM, JW, EH, MA, AT, YL, ALM, AA, RT, PW,FE, PK, PM, FY, YA, YW, MH, OH, RR, LB, LN, WW, dan YPS. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed