oleh

IKF Kotsor Salurkan Langsung Bantuan ke NTT

-Metro-96 views

SORONG-Peduli duka NTT yang terkena musibah banjir bandang, Ikatan Kerukunan Flobamora (IKF) Kota Sorong (Kotsor) NTT telah melakukan pengumpulan donasi. Kemudian membawa dan menyalurkan langsung ke NTT sebagai bentuk keseriusan mereka terhadap duka yang dirasakan para korban.

Ketua IKF Kota Sorong, Syafruddin Sabonnama, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pahlawan kemanusiaan yang berdiri di lampu merah meraih dari satu, dua rupiah dan donasi dari dermawan yang berkunjung ke posko induk, hingga masuk ke titik-titik terpencil di daerah-daerah yang terdampak bencana, melewati selat dan lautan lepas.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Bantuan uang terkumpul Rp 400 juta, dimana uang – uang ini didapat oleh pejuang-pejuang kemanusiaan yang berdiri di jalan-jalan protokol, di lampu-lampu merah, yang long march dari rumah ke rumah, dan komunitas-komunitas hobby anak muda, yang simpatik dan menaruh empati atas duka di NTT. Juga berasal dari penggalangan dana oleh kelompok kelompok organisasi paguyuban Nusantara yang berada di Kota Sorong,” katanya kepada Radar Sorong, Kamis (6/5).

Dia juga mengatakan bahwa ada barang-barang yang dikirim lewat KM Pelni adalah pakaian layak pakai, sembako dan obat obatan, yang akan berangkat dari Sorong sejak tanggal 22 April dengan dukungan Kantor Syahbandar (KSOP) Sorong.

“Kami seluruh pengurus Ikatan Keluarga Flobamora NTT turun langsung untuk memastikan bantuan rakyat atau amanah mereka harus sampai. Dengan begitu kami mengirim pesan bahwa meski berbeda daerah, dalam isu kemanusiaan kita harus melepas sekat sekat primordial dan melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk rakyat dan bangsa ini,” jelasnya.

Sabon, sapaan akrabnya ini juga mengatakan bahwa ketika membawa bantuan tersebut ada Tim yang dibagi menjadi 4, yaitu Tim Alfa yaitu wilayah Adonara. Tim Bravo yaitu wilayah Lembata. Tim Charly yaitu  wilayah Rote Sabu dan Sumba. Tim Delta yaitu Wilayah Timor Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Malaka dan Alor. Dengan 8 personel dari IKF dan IPPM NTT dibantu 6 relawan lokal dari NTT. 

Kemudian adapun mekanisme penyalurannya adalah dengan 3 cara yaitu pertama, Terjun langsung ke daerah bencana, menemui rumah-rumah terdampak dan posko posko dimana para korban berada. Kedua, Melalui pemerintah daerah, karena dalam situasi bencana, maka harus meyakinkan rakyat bahwa pemerintah mampu melakukan peran mereka. Tidak boleh mengirim pesan bahwa relawan dan donatur independen beraksi secara mandiri yang berdampak pada delegitimasi marwah pemerintah dimata rakyatnya. Relawan dan donatur akan datang dan pergi, tapi pemerintah akan tetap selamanya dengan rakyat di daerah terdampak, dimana mereka harus mengurusinya dengan baik. Dan ketiga, melalui kepala desa terdampak dengan pendampingan dari relawan.

Bantuan yang disalurkan yaitu 700 paket sembako yang terdiri dari 10 Kg beras premium, minyak kelapa, gula dan tepung masing masing 1 liter dibagi di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang yaitu 350 paket. Kemudian 500 paket sembako untuk 3 desa di Kabupaten Malaka. Untuk wilayah Adonara ada 10 buah profil tank dan 50 kasur palembang untuk Waiburak, perlengkapan bayi dan lansia, makanan minuman penyuplai gizi untul Desa Lamanele, peralatan dapur dan sembako untuk Desa Waikewak dan 1 ton beras, 200 Kg Gula dan 200 liter minyak kelapa untuk Desa Dani Bao. Bantuan sembako dan bahan bangunan untuk Sabu Raijua. Bantuan peralatan dapur dan sembako untuk Lembata senilai Rp 40 juta, Alor Rp 35 juta, Rote Rp 25 Juta dan Sumba Timur Rp 25 juta.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Lambert Jitmau dan Mama Petronela Kambuaya yang memberikan bantuan tiket PP Sorong – Kupang. Adik-adik IPPM NTT Kota Sorong dan aliansi masyarakat sipil baik Mahasiswa, Pelajar, Organisasi Wanita lintas iman dan profesi, OKP dan OKPI, Organisasi Paguyuban lintas nusantara dan lintas pemuda, donatur dan dermawan baik pribadi maupun lembaga swasta dan pemerintah. Ibu Sekretaris DPRD Kota Sorong. Tim relawan lokal baik di Kupang, Malaka, Rote, Sabu, Alor, Lembata, Adonara dan Sumba Timur. Masyarakat Sorong Raya yang telah ikhlas membantu saudara mereka di NTT. Semua bernilai kebaikan ini dan semoga menjadi investasi kemanusiaan yang bernilai ibadah di sisi Tuhan,” tuturnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed