oleh

Ikaswara Gelar Tasyakuran dan Doa Awal Tahun

-Metro-72 views

SORONG – Hari Minggu di awal Tahun Baru 2021 ini terasa begitu istimewa. Ikaswara (Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura) Kota Sorong menggelar Acara Tasyakuran dan Pembacaan Doa Awal Tahun, di lokasi pembangunan Sekretariat Ikaswara di Jl. Patriot Km 12 Masuk Klawuyuk. Acara tersebut  berlangsung dengan penuh khidmat dan suka cita.  Panitia yang dikomandani Drs. Ajis, M.Si berhasil menyelenggarakan secara sederhana, berkesan dan penuh makna.


Ketua Umum Ikaswara Tupono menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Panitia Pembangunan Sekretariat Ikaswara, Harjito, S.STP, M.Si

  Dengan undangan hanya sekitar 80 peserta yang diperuntukkan kepada Ketua-Ketua Kerukunan di bawah naungan Ikaswara Kota Sorong, Dewan Kehormatan dan Pengurus Ikaswara dan anggota Panitia Pembangunan Sekretariat Ikaswara berlangsung sukses.

Ketua-ketua kerukunan dan pengurus Ikaswara yang hadir.

  Diawali dengan Doa yang dipimpin oleh Ketua Dewan Kehormatan Drs.H. Mungawan, dengan khusyuk memimpin Doa memohon tahun 2021 Allah SWT memberikan kesehatan, kesuksesan dalam setiap program Panitia dan Pengurus Ikaswara.  Dan selalu mendapatkan perlindungan dan ridha dari Allah SWT.

  Setelah pembacaan Doa acara dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng yang dilakukan oleh Ketua Umum Ikaswara Tupono didampingi Ketua dan Anggota Dewan Kehormatan, Ketua Panitia Pembangunan Sekretariat Ikaswara.  Potongan tumpeng diserahkan kepada Ketua Pembangunan Sekretariat Ikaswara,  Harjito B, S.STP, M.Si, dilanjutkan makan siang bersama dengan menu yang diramu khusus oleh koki handal asal Yogyakarta, Yatiman dibantu ibu-ibu PW Ikaswara.

Ibu-ibu PW Ikaswara yang turut mensupport kegiatan Ikaswara.

  Setelah makan siang acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Pembangunan Sekretariat Ikaswara Harjito B., S.STP., M.Si.

Dalam sambutannya Harjito mengatakan bahwa pada awalnya ia merasa agak berat ditunjuk sebagai ketua panitia.”Bayangkan organisasi sudah lama berdiri dan butuh effort, tenaga dan biaya yang tidak sedikit dan butuh perjuangan ekstra keras untuk mewujudkan mimpi besar ini. Alhamdulillah saya dikelilingi oleh orang-orang hebat, orang-orang baik yang selain memiliki profesional juga memiliki sikap ketulusan dan semangat yang tinggi.  Dan alhamdulillah hari ini bapak-bapak dan Ibu-ibu bisa melihat kolom-kolom (gedung sekretariat) sudah berdiri dan minggu ini siap dilakukan pengecoran.  Terima kasih bapak-bapak yang sudah mempercayakan saya dan terima kasih juga sudah berkontribusi dalam membangun mimpi besar ini (gedung sekretariat dan pendopo),” tegasnya.

  Ketua Panitia juga menyampaikan dana masuk dan dana keluar pembangunan Sekretariat Ikaswara. Dana masuk diantaranya dana aspirasi yang diperjuangkan Anggota DPR Papua Barat, H. Syaiful Maliki Arief, S.Hut, M.Si sebesar Rp 1 miliar. Dana dari Wali Kota Sorong Rp 750 juta, dan lain-lain. 

  Sambutan dilanjutkan oleh Ketua Umum Ikawara Kota Sorong Tupono.  Di awal sambutan Tupono mengabsen satu persatu ketua kerukunan yang hadir mulai dari Ikatan Keluarga Lembur Kuring (Jawa Barat – Banten) hingga Perkema (Perkumpulan Keluarga Madura).  Dilanjutkan dengan ucapan terimakasih kepada para Ketua Kerukunan yang sudah hadir, dan penyampaian penghargaan kepada Panitia Pembangunan.  Namun ada sedikit evaluasi mengenai salah satu ketua yang tidak aktif karena kesibukan dan berdinas di luar Kota Sorong untuk bisa dilakukan pergantian demi lancarnya organisasi.  

  Dengan gentlemen Tupono memuji beberapa Pengurus Ikaswara, Panitia Pembangunan maupun ketua kerukunan yang aktif atas pencapaian beberapa bidang organisasi dan juga sangat peduli dengan Program Kerja Ikaswara.  

  “Insyaa Allah bulan Juli kita berharap sudah bisa meresmikan Kantor Sekretariat yang baru plus Pendoponya, hanya saja pendopo ini perlu diseting ulang.  Bagaimana bisa didisain secara tertutup, bila memungkinkan bisa digunakan untuk fasilitas meeting.  Kan lumayan Ikaswara dapat masukan kas untuk operasional dan sosial lain. Mohon bantuan doa dan dukungannya selalu bapak-bapak dan ibu-ibu,” ujarnya.

 Ia juga memberikan kesempatan kepada kerukunan untuk membantu panitia mengedarkan kalender.  Dan setiap kerukunan diberi kesempatan sebanyak 25 exemplar.  “Satu buah kalender ini kami jual seharga Rp 100.000.  Yang 25% atau Rp 25.000 akan kami berikan kepada kerukunan-kerukunan untuk kas atau untuk biaya transport bagi mereka yang memasarkannya, dan sisanya (Rp 75.000) akan masuk ke kas Panitia Pembangunan.  Kami juga memberikan kabar baik bahwa mulai periode 1 tahun kemarin PT SSB (Sorong  Sejahtera Bersama) bekerja sama dengan Ikaswara dan berhasil melakukan penjualan sebanyak 54 Ton, dengan bonus yang akan dikembalikan kepada Ikaswara senilai Rp 250 per kg, maka Ikaswara mendapatkan dana sebanyak Rp 13.5 juta dan akan direalisasikan besok Senin 4 Januari (hari ini),” terangnya.(akh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed