oleh

Ikaswara dan Kerukunan Qurban 33 Ekor Sapi

-Metro-51 views

SORONG – Di tengah pandemi Covid 19 tidak menyurutkan umat muslim untuk menyembelih hewan qurban di Hari Raya Idul Adha 1442 H. Begitu juga Perkumpulan Ikaswara Kota Sorong bersama anggota paguyuban, tahun ini akan menyembelih 33 ekor sapi.

Dari 33 ekor sapi tersebut menurut Ketua Umum Ikaswara Kota Sorong Tupono, 7 ekor diantaranya lewat panitia qurban Ikaswara dan akan disembelih pada tanggal 21 Juli 2021 atau hari kedua Hari Raya Idul Adha.

Sedangkan 26 ekor sapi akan disembelih di masing-masing kerukunan atau paguyuban. Seperti Ikatan Keluarga Solo 6 ekor sapi, Kerukunan Sragen dan TPA 6 ekor sapi, Tulung Agung 4 ekor sapi, Ikatan Keluarga Lembur Kuring 3 ekor sapi, Kenanga Nganjuk 2 ekor sapi. Kerukunan Keluarga Besar Banyumasan 2 ekor sapi, Kerukunan Keluarga Besuki 1 ekor sapi, Ronggolawe Tuban 1 ekor sapi dan Ikamawas 1 ekor sapi.

Jumlah tersebut menurut Tupono masih bisa bertambah, karena ada beberapa kerukunan yang belum memasukkan datanya. ”Syukur alhamdulillah Ikaswara sudah tahun kedua melakukan qurban. Tahun lalu 6 ekor sapi dan tahun ini 7 ekor sapi. Sedangkan kerukunan atau paguyuban sudah melakukan penyembelihan hewan qurban tiap tahun,” terangnya.

Tupono berharap warga Ikaswara Kota Sorong yang berqurban di tahun-tahun mendatang bisa lebih banyak lagi. ”Sekali lagi saya sampaikan jumlah qurban ini hanya yang lewat panitia qurban Ikaswara dan kerukunan anggota Ikaswara Kota Sorong. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi,” harapnya.

Untuk pengadaan hewan qurban sendiri Ketua Panitia Qurban H. Ajis didampingi tim pengadaan Joko Rustyono,  Bendahara Umum Ikaswara Budi Rahardjo dan Edi berburu sapi qurban dari SP 2 sampai Katimin dan Modan. Walau hujan dan jalanan becek mereka tetap semangat mendatangi kandang satu demi satu demi mencari sapi yang sehat, gemuk dan umurnya sudah menenuhi syarat.(pon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed