oleh

Ikan Cupang Primadona, Raup Jutaan Rupiah

-Ekonomi-188 views

SORONG – Pandemi Covid-19, mengharuskan sebagian orang untuk terbiasa beraktifitas dari rumah. Aktivitas dari rumah yang dilakukan selama berbulan-bulan justru menghadirkan beragam kreatifitas dan hobby baru yang muncul, salah satu yang jadi primadona saat ini, ialah memlihara ikan cupang.
Abdul Fattah, salah satu yang memiliki hobby memelihara ikan cupang hingga akhirnya terjun ke bisnis ikan cupang sejak awal 2020. “Awalnya hobby, tapi semakin kesini jumlah ikan semakin bertambah dan akhirnya dijual, lumayan hobby ada hasilnya,” jelasnya kepada Radar Sorong, kemarin (30/11).
Ketertarikannya terhadap ikan cupang, selain bentuknya yang kecil, menurut Fattah ikan hias ini juga memiliki warna yang beragam, sehingga cukup menyenangkan untuk dipandang walau hanya memiliki 1 atau 2 ekor.
Kepada Radar Sorong, Fattah menjelaskan penjualan ikan cupang yang saat ini juga mengalami peningkatan, terutama hobby memelihara ikan cupang tidak hanya untuk kalangan tertentu, tetapi semua kalangan, termasuk pejabat, influenser dan youtuber yang ikut mempromosikan hobby baru ini.
Harga jual ikan cupang sendiri cukup beragam, mulai dari Rp 20 ribu bahkan hingga jutaan rupiah. Penjualan ikan cupang dilakukan Fattah melalui media sosial dan sudah menjangkau wilayah Papua dan Papua Barat seperti Timika, Manokwari, Fakfak dan Teminabuan.
“Mahalnya ikan cupang itu tergantung tempat di mana orang beli dan terkadang yang mahal itu ikan yang siap ikut kontes, seperti yang saya jual haganya Rp150 ribu sampai Rp 1 juta, beda dengan ikan cupang yang orang sering beli di jalan,” jelasnya.
Jenis ikan cupang yang ditawarkan juga beragam seperti halfmoon, plakat, crowntail, dumbo ear dan dari sergi warna juga sangat beragam yakni, nemo, koi, marble, fancy, bluerim dan beragam jenis lainnya. “Kalau untuk beli, tergantung tempat yang akan dikunjungi, bisa dengan akuarium,” ucapnya.
Banyaknya warga Sorong yang tertarik dengan ikan cupang, membuat sebagian orang tergabung dalam komunitas ikan cupang yakni, Komunitas Cupang Hias Sorong yang beberapa kali kerap mengadakan kontes ikan cupang dengan hadiah-hadiah menarik. “Kalau kontes itu ada kelasnya mulai dari plakat fancy, marble, nemo/koi, multicolor, halfmoon, crowntail dan kelas betina,”pungkas Fattah kepada Radar Sorong.
Selain menjual ikan cupang, Fattah juga menerima pesanan aquarium berbagai ukuran dari yang besar hingga kecil untuk ikan cupang. Kedepannya ia berencana untuk menambah penjualan ikan hias seperti Discus, Neon Cardinal dan Ramiresi (Blue Electric). “Tapi kalau untuk sekrang saya masih fokus ke ikan cupang dan aquascape dulu, insyaallah berikutnya akan ada ikan Discus, Neon Cardinal dan Ramiresi (Blue elektric),” ujarnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed