oleh

Ikan Asar Online Tembus Hingga Luar Papua

-Ekonomi-62 views

Di tengah masa pandemic Covid-19, usaha ­perekonomian khususnya kalangan mikro menjadi terpuruk yang berbuntut pada makin sulitnya warga dalam memenuhi kebutuhan ­hidupnya. Dalam situasi seperti menjadi suatu dorongan bagi warga untuk tetap berusaha dan terus berinovasi dalam ­menciptakan peluang kerja.
Hal ini terbukti, beberapa putra Papua berkreasi dengan usaha rumahan berupa Ikan Asar. Usaha rumahan Ikan Asar dari Produksi Papua Aman Bahari yang terletak di jalan Victory, Km 10 ini terbilang produktif atau tetap berjalan di ­tengah-tengah masa pandemic Covid-19, namun tetap ­menerapkan protokol ­kesehatan.
Salah satu pekerja, Ricky Yandeday menjelaskan ia bersama rekan lainnya sudah menggeluti bisnis penjualan Ikan Asar ini sejak bulan Agustus 2020 lalu. Dimana, perharinya mereka dapat menjual 12 hingga 17 ekor ikan Asar dengan harga perekornya Rp 60 ribu melalui media sosial atau online. Penjualan melalui online di masa pandemic Covid-19 memang sangat tepat, sebab pembeli tidak perlu keluar rumah, cukup delivery dan kemudian diantar sesuai alamat.
“Sejak Bulan Agustus hingga Oktober 2020 ini kurang lebih sekitar 600-an ikan sudah kami jual,”jelasnya.
Dikatakan Ricky, ikan yang digunakan adalah ikan ­Cakalang yang kondisinya bagus tentunya, sebab untuk menjamin kondisi ikan, Ia bersama rekannya langsung turun ke Jembatan Puri ­membeli ikan mentah (ikan segar) dan kemudian diolah. Kendala selama penjualan Ikan Asar via online hanya pada harga ikan mentah yang kadang kurang stabil.
“Kami jualan ikan Asar ­berdasarkan pesanan, kadang kami antar ke Kampung Baru hingga Aimas. Bahkan kami sudah ada langganan dari luar daerah seperti Jakarta dan Surabaya, dimana biasanya kami kirimkan 4 hingga 5 ekor,”terangnya.
Untuk proses pengelolaan dari ikan mentah ke ikan Asar tidak terlalu rumit, dimana ikan mentah dicuci bersih kemudian dibalur dengan garam serta jeruk sesudah itu ikan mentah tersebut di asar dengan cara tradisional yang memakan waktu kurang lebih 1 jam agar ikan benar-benar matang, enak, empuk dan lezat. (Juhra Nasir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed