oleh

HUT ke-76, TNI AL Siap Wujudkan Indonesia Tangguh

-Metro-74 views

SORONG – Sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini.

”Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI AL juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,”jelas Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M dalam amanat tertulis yang dibacakan Kepala Staf Komando Armada III, Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., pada upacara peringatan Hari Jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021 di Lapangan Upacara Mako Koarmada III Katapop, Kabupaten Sorong, Jumat (10/9).

PMB OPBJJ-UT Sorong

Peringatan hari jadi ke-76 TNI AL mengangkat tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia Tumbuh” tersebut diikuti Inspektur ­Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S, Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Endra Sulistiyono, S.E., M.M., para pejabat utama, Komandan Satuan, Kepala Dinas Koarmada, prajurit ­Koarmada III dan sejumlah Purnawirawan TNI AL dan Warakawuri.

Kepala Staf Komando Armada III, Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., serahkan Potongan Tumpeng kepada salah satu Prajurit TNI AL (Tamtama) termuda. (IST)

Meskipun berlangsung sederhana, upacara tersebut berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Menurut Kasal, mencermati situasi yang berkembang di tingkat global, regional dan nasional, TNI AL harus menyadari bahwa ketahanan sebagai bangsa Indonesia sedang diuji. Isu-isu global yang mengemukan seperti perebutan sumber daya alam, kelangkaan energi dan sumber daya alam, perubahan iklim serta kesenjangan ekonomi antar negara.

Kasal menuturkan, kekuatan Armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh.

Ditegaskan kepada seluruh jajaran TNI AL bahwa konsep operational ready force atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata dengan indikator semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap bertempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan.

“Meskipun di tengah pandemi Covid-19, prajurit TNI Angkatan Laut tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari. Kekuatan laut yang bertumpu pada SSAT terdiri dari kapal perang, pesawat udara dan pasukan Korps Marinir TNI Angkatan Laut serta pangkalan tersebar. Ini akan selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, di perbatasan laut, di pulau-pulau terluar, di atas cakrawala biru, bahkan di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB,” pungkasnya.

Pada kesempatan terpisah, upacara Peringatan HUT ke-76 TNI Angkatan Laut, Jumat (10/9) juga dilaksanakan oleh jajaran TNI AL dalam hal ini Pasmar 3 dan Lantamal XIV Sorong pada masing-masing satuan. Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., dan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr. Opsla masing-masing bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT ke-76 TNI Angkatan Laut (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed