oleh

HUT ke-21, Ikaswara Miliki Badan Usaha

-Metro-164 views

SORONG – Ikatan Keluarga Sunda Jawa dan Madura (Ikaswara) Kota Sorong merayakan hari jadinya yang ke-21 tahun, Sabtu (11/7) di Gedung Al-Akbar Convention Centre, Kota Sorong. 

Dalam laporannya, Ketua Panitia, H. Syaiful Maliki Arief mengatakan bahwa tema HUT ke 21 kali ini adalah ‘Mewujudkan Mimpi dalam Sinergitas Kebersamaan Demi Peningkatan Perekonomian Kerakyatan dengan semangat Ikaswara bisa’.

Tema tersebut, menurut Syaiful tidak terlepas dari mimpi Ikaswara untuk segera mewujudkan rumah besar Ikaswara atau Sekretariat Ikaswara. Sehingga dengan semangat kebersamaan, gotong royong, mimpi tersebut dapat terwujud.

Sementara itu, Ketua Umum Ikaswara, Tupono mengatakan bahwa mimpi memiliki sekretariat bukan hanya sekedar mimpi tapi sedikit demi sedikit mulai diwujudkan oleh warga Ikaswara dengan cara gotong royong, urunan, hingga saat ini telah berjalan pematangan lahan atau penimbunan.

Ia mengatakan, membangun seketariat dengan dua lantai itu memakan anggaran sekitar Rp 4 Miliar. Dari pembangunanya itu, untuk lantai pertama akan dipergunakan untuk rumah singgah.

Selain itu, pada momentum 21 tahun, Ikaswara meluncurkan badan usaha perseroan bernama PT Swara Emas Cemerlang (SEC), dimana pemegang sahamnya adalah Pengurus Ikaswara, kerukunan keluarga dibawah naungan Ikaswara dan warga Ikaswara. Dimana saat ini tercatat ada 56.000 jiwa warga Ikaswara di Kota Sorong.

Ia berharap dengan adanya Badan Usaha PT SEC tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga Ikaswara. “Semoga mimpi, cita – cita kita bersama bisa terwujud dan supaya kita dapat mewariskan budaya gotong royong, budaya kebersamaan kepada generasi dibawah kita,” ujar Tupono.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Sorong Drs.Ec.Lambertus Jitmau, MM dalam sambutannya dengan fasih menyapa warga Ikaswara dengan logat Surabayaan. Alumni Mahasiswa Surabaya ini mengaku bangga dengan inovasi dan terobosan yang dilakukan Ikaswara dengan pembentukan badan usaha perseroan yang pemegang sahamnya adalah warganya sendiri.

“Ini bisa memberikan contoh, teladan bagi semua yang ada di negeri dan tanah ini. Bahwa memiliki mimpi dan cita-cita itu hal yang bagus, apalagi dilakukan secara bersama-sama. Aku wong (orang) Sorong, boso jowoan (ngomong bahasa Jawa) sama Pak Presiden. Aku loh punya mimpi bangun Bandara, pelabuhan dan tak wujudkan (diwujudkan) bangun Bandara. Saiki Bandara apik to (sekarang Bandara bagus kan),” ujar wali kota disambut riuh tepukan meriah warga Ikaswara.

Ia berharap sebagai salah satu kerukunan dengan jumlah warga terbanyak di wilayah Kota Sorong, Ikaswara turut membantu pemerintah dalam mewujudkan Kota Sorong Termaju di Timur Indonesia. “Wong Jowo itu semua iso (bisa), bantu aku, kita bangun negeri iki (ini). Kota Sorong harus tampil beda,” harap wali kota.

Mewakili Gubernur Papua Barat, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Papua Barat, Melkias Werinussa, SE, MH menyatakan bahwa Pemprov Papua Barat mendukung rencana pembangunan Sekretariat Ikaswara termasuk adanya rumah singgah.

Perayaan HUT ke 21 tahun Ikaswara dimeriahkan dengan lomba tumpeng yang diikuti 22 kerukunan keluarga dan juara tumpeng 1, 2 dan 3 dilelang untuk menambah dana pembangunan sekretariat.

Dimana juara pertama dimenangkan oleh Ikatan Keluarga Lembur Kuring (IKLK), pemenang lelang H Muhammad Taslim (anggota DPRD Kota Sorong) Rp 5 juta. Juara 2 kerukunan keluarga Nganjuk pemenang lelang Iim Abdul Qosim (Kepala Bank Papua Tambrauw) Rp 5 juta. Juara 3 bersama kerukunan keluarga Klaten dan Blitar,  pemenang lelang Harjito Rp 3 juta. Kemudian tumpeng-tumpeng lainnya juga dilelang kepada para tamu undangan, sehingga dari lelang tumpeng itu terkumpul dana Rp 19.300.000.

Dalam acara itu turut hadir Panglima Koarmada III yang diwakili Aspotmar Pangkoarmada III Kolonel Mar. Budioso, SE, Kepala Staf Koarmada III yang diwakili Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada III Kolonel Laut (P) Eko V, Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.AP, Danlantamal XIV Sorong yang diwakili Asintel Lantamal XIV Kolonel Mar. Sunarko Aji, S.Sos, Danrem 181/PVT yang diwakili Kakumrem 181/PVT Kapten CHK Mursit, SH, Dandim 1802/Sorong yang diwakili Kasdim 1802/Sorong Mayor Inf. Triyana, S.Pd.I, M.Pd.I, Area Head Bank Mandiri Sorong Budi Setiawan dan para pejabat lainnya serta tamu undangan dan kerukunan dibawah naungan Ikaswara. Dalam acara tersebut juga dilakukan pembagian saham PT. SEC oleh Ketua Umum Ikaswara Tupono kepada para ketua kerukunan dan perwakilan pemegang saham. Acara HUT Ikaswara juga dimeriahkan dengan aneka hiburan seperti tari jaipong dan lain-lain. Acara dari awal hingga akhir berjalan lancar dan sukses. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed