oleh

HPN, PWI Sorong Bagikan Ribuan Masker

SORONG – Hari Pers ­  (HPN) yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 9 Februari juga dirayakan Persatuan Wartawan Indonesia Se-Sorong Raya di Taman Sorong City, Selasa (9/2). Berlangsung sederhana, peringatan HPN ditandai dengan pemotongan kue Ultah oleh Ketua PWI Sorong Raya Lexy ­Sitanala yang selanjutnya menyerahkan potongan kue  Ultah pertama kepada Wali Kota Sorong, Drs.Ec.Lambert Jitmau,MM. Selain kepada walikota, potongan kue Ultah HPN juga diserahkan kepada Forkopimda yang hadir, yakni Kapolres Sorong Kota , Dandim 1802  serta segenap ­pejabat  yang hadir.

 Meski rangkaian acara agak terusik dengan soinsistem yang  tidak bagus  namun  secara keseluruhan rangkaian acara berlangsung lancar.  Turut hadir  Pangkoarmada III diwakili Kadispen Kolonel Laut  Drs Abdul Kadir, M.A.P, Danrem yang diwakili Kapenrem Mayor Puguh, Sekda Kota Drs M Yacob Kareth,MM serta Kepala BPN  serta sejumlah pejabat lainnya yang  merupakan mitra kerja pers. Dari acara seremonial,  PWI Sorong Raya turlap membagi-bagikan ribuan masker kepada masyarakat yang diawali oleh Wali Kota Sorong,Drs.Ec.Lambert Jitmau, MM bersama pejabat Forkompinda yang turun langsung ke jalan raya.  Pembagian masker gratis di jalan raya disambut antuasias pengendara di Kota dan Kabupaten Sorong. “Ini boleh gratis, yang kemarin-kemarin itu hanya  tegur tapi tidak ada kasi masker,”ujar salah satu pengendara.

Dalam sambutannya di HPN 2021, Wali Kota Sorong, Drs.Ec Lambert Jitmau,MM sangat mengapreseasi para insan pers di Kota Sorong.  Semoga pers usianya semakin bertambah, kiprahnya semakin mantap. Apalagi informasi yang disampaikan kepada masyarakat secara menyeluruh di Nusantara ini khususnya Sorong Raya sangat luar biasa, membantu Pemda, membantu masyarakat, dalam menyampaikan informasi baik positif maupun negatif.

”Kalau informasi yang negatif itu saya paling senang. Supaya saya bisa tahu, kekurangan saya ada di sudut sana dan sudut sini. Untuk menuntun pembenahan dan kebaikan saya sebagai kepala daerah di Kota ini, dan didukung oleh forkompinda. Kami ditunjuk untuk memimpin kota ini, kami selalu bergandengan tangan. Memperlihatkan apa yang kami lakukan, menunjukan pembangunan di kota ini demi kemakmuran masyarakat,” katanya.

Dia menegaskan bahwa sebagai mitra, dia sangat dekat dengan pers. ”Saya sangat senang dan sangat dekat dengan wartawan dan wartawati. Disela-sela apa saja, kalau ada hajatan atau undangan pasti saya hadir. Kita samakan pandangan, samakan persepsi, kemudian dari situlah bisa timbul informasi baru yang disampaikan kepada masyarakat melalui media masa cetak, dan elektronik,” tandas Walikota.

Walikota berharap  kepada forkompinda dan pejabat yang hadir agar mendukung pers dengan menjadi mitra dan membangun Nusantara ini. ”Kelak kita tinggalkan pembangunan ini sebagai warisan untuk anak cucu kita,” tanda waklikota .  Sementara itu, dengan mengambil tema “Jurnalis Sorong Raya Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional”, Ketua PWI Sorong Raya Lexy Sitanala berharap dengan momentum Hari Pers ini agar pers semakin independen dan semakin jaya lagi. ”Kita laksanakan kegiatan HPN ini sederhana saja. Bagi masker diawali pak walikota. Kemudian kita bagikan juga depan Sorong City dan bagikan masker di depan alun-alun Aimas. Karena masih dalam pandemi Covid-19. Saya harap pers harus independen,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HPN, Syied Boften mengatakan, Momentum HPN 2021 diselenggarakan insan pers di Wilayah Sorong Raya untuk silaturahmi antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah didasarkan pada landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbul-umbul) yang membentuk huruf HPN itu sendiri. 

Usai bagi-bagi masker di jalan raya, Sekretaris Panitia HPN, Fauzia mengatakan, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi panti asihan di Kota dan Kabupaten Sorong,  Paket sembako  dibagikan kepada 4 Panti Asuhan yaitu Panti Asuhan Pelangi di Jalan Jend Sudirman Kelurahan Malabutor, Panti Asuhan Sinar Kasih Sorong di Km 24 Kabsor, Putra Putri Muslim Papua di Aimas Unit 2 dan Panti Asuhan Al-Amin Muhammadiyah di Km 7 Kota Sorong.

Pengelola  Panti Asuhan Pelangi, mama Merry Solossa mengaku bahagia dan terkejut atas kedatangan PWI Sorong Raya ketika berkunjung menyambangi dan memberikan bantuan berupa uang tunai dan sembako. ”Terima kasih banyak. Kami tidak melihat tetapi kami tahu niat dari PWI kiranya Tuhan yang menyerta, Tuhan memberikan berkat yang banyak, Tuhan tetap memberikan kesehatan kepada bapak dan ibu selama bertugas menjadi wartawan itu tidak gampang. Kami tetap berdoa kiranya selalu diberkati Tuhan,” harapnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed