oleh

Hasil Sampel Swab akan Kembali Dikirim

KAIMANA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kaimana Drs. Matias Mairuma, mengatakan Kamis, (21/5) pihaknya akan kembali mengirim puluhan sampel swab, ke Laboratorium Kesehatan di Jayapura untuk diteliti.
Pengiriman sampel swab tersebut, guna memberikan kepastian status puluhan Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang sementara di karantina.
“Seharusnya pemerintah bergerak cepat, memastikan status kesehatan mereka. Mudah – mudahan Kamis ada penerbangan dari Timika ke Kaimana, kemudian balik dengan rute yang sama. Kalau benar ada penerbangan maka puluhan sampel, akan kami siapkan untuk dikirim ke Jayapura,” jelasnya kepada wartawan di Kantor Bupati Kaimana, Selasa (19/5).
Dikatakan Ketua Gustu yang juga merupakan Bupati Kaimana ini, kendala yang paling umum adalah soal transportasi. Sehingga menurutnya, pengiriman sampel swab baru bisa dilakukan.
“Idealnya jika rapid test pertama itu reaktif, sepuluh hari usai pemeriksaan pertama wajib dilakukan rapid test kedua. Sehingga masuk hari ke 11 sudah dilakukan pengambilan swab. Kalau hanya satu orang terus kita kirim swab, luar biasa biayanya. Hal ini kendala bagi kami,” terangnya.
Ketika ditanya terkait dengan pesawat yang akan digunakan, untuk membawa sampel swab tersebut, merupakan hasil komunikasi dirinya dengan President Freeport Indonsia di Timika. Menurut Mairuma, jika menunggu penerbangan reguler sudah pasti akan lebih lama.
“Kalau kita tunggu penerbangan reguler, sama sekali tidak bisa karena penerbangan reguler saat ini lagi tertunda,” ujarnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed