oleh

Hari Ini, PSU Pilkades di Kampung Siawatan

-Sorong Raya-251 views

KAIMANA –Hari ini, 4 Desember 2019 di Kampung Siawatan Distrik Teluk Etna Kabupaten Kaimana dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di salah satu TPS di RT 3 Avona. PSU dilaksanakan karena diduga, ada permasalahan pada jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada kampung tersebut. PSU ini dilaksanakan berdasarkan kesepakatan, kelima calon kepala desa yang ikut mencalonkan diri, yang difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Kaimana. 

Untuk mensukseskan pelaksanaan PSU, logistik berupa surat suara sudah didistribusikan menuju kampung Siawatan dengan pengamanan aparat kepolisian dari Polres Kaimana. 

“PSU dilakukan karena memang ada terindikasi sedikit masalah pada DPT. Dan ini sudah menjadi keputusan, kelima calon kepala desa kami hanya memfasilitasi. PSU ini untuk satu RT yakni RT 3, sementara untuk RT lainnya aman dan tetap menerima hasil pemilihan lalu,”Jelas Joice M Tuanakotta, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Kaimana, kepada wartawan di Ruang Kerjannya, Selasa (3/12). 

Dikatakan, jumlah perolehan suara pada TPS tersebut cukup tinggi sehingga membuat masyarakat curiga. Karena menurut masyarakat, berdasarkan laporan yang disampaikan ke pihak PMK, ada indikasi tim sukses salah satu calon kepala desa melakukan kecurangan. Dengan cara tidak menggunakan DPT resmi, yang diserahkan oleh dinas PMK. 

Dinas PMK sebelumnya, telah menyerahkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kampung Siawatan RT 3 Avona. Namun pihak kampung tidak melakukan validasi DPS menjadi DPT. Sehingga banyak pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, dan salah satu tim sukses salah satu calon menggunakan DPT susunan mereka. 

“Memang betul di DPS yang kita kirim, itu hanya 180 sekian pemilih, akan tetapi mereka tidak melakukan validasi ulang. Akibatnya banyak dari mereka yang tidak terdaftar di DPT sementara. Sehingga mereka tidak menggunakan DPTnya kita, akan tetapi mereka lebih cenderung menggunakan daftar nama yang mereka punya. Dengan jumlah pemilih mencapai 240 sekian,” pungkasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed