oleh

Hari Ini, KPU Buka Pendaftaran

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI nomor 5 tahun 2020, tentang tahapan, program dan jadwal pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, tanggal 4 September sampai dengan 6 September 2020 merupakan proses pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kaimana periode 2020 – 2025.
Sebelum masuk pada pendaftaran Bapaslon, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaimana, sudah melakukan koordinasi dengan Bawaslu Kaimana, partai politik pengusung Bapaslon guna mengecek progress syarat calon dan syarat pencalonan.
“Kami sudah undang Parpol beberapa kali untuk mempersiapkan proses pendaftaran. Selain itu kami juga membuka help desk pencalonan di KPU, untuk mempermudah substansi dokumen ditingkat Parpol agar bisa diselesaikan sebelum waktu pendaftaran,” jelas Komisioner KPU ­Kaimana divisi teknis dan pelaksanaan Dominika Hunga Andung, kepada Radar Sorong di Kantor Bupati Kaimana, usai megikuti pertemuan bersama Bupati, Fokopimda Kaimana dan perwakilan 8 suku asli Kaimana, Kamis (3/9).
Dikatakan Monik, persiapan secara garis besar Parpol sudah menyiapkan dokumen maupun administrasi. Menurutnya, terkait dengan perubahan PKPU nomor 6 tahun 2020 ke PKPU nomor 10 tahun 2020, yang mewajibkan bakal pasangan calon untuk melampirkan hasil swab bebas Covid-19 saat pendaftaran pun sudah dilakukan pihaknya.
“Wajib bagi kami untuk menyampaikan, walaupun regulasinya dikeluarkan ke kami H-2 pendaftaran. Sebelumnya juga sudah intens kami sampaikan di group Parpol, melalui surat maupun pertemuan dengan Parpol,” kata Monik.
Dalam keterangannya ia menuturkan, jika segala persiapan pendaftaran Bapaslon telah dipersiapkan oleh tim teknis dan Kelompok Kerja (Pokja) pencalonan.
“Untuk persiapan pendaftaran tim pokja sudah siap, terpenting yakni agar menyiapkan dokumen syarat pencalonan dan dokumen syarat calon. Syarat pencalonan yakni secara kelengkapan dan keabsahan itu harus ada pada tanggal 4 sampai dengan 6,” terangnya.
“Sementara untuk syarat calon, kami hanya meneliti syarat kelengkapannya saat pendaftaran. Soal keabsahan ada waktu 7 hari untuk kami verifikasi, sehingga jika ada syarat yang belum dipenuhi ada waktu untuk memperbaiki,” lanjutnya.
Diakhir keterangan Monik menjelaskan, sesuai tahapan tanggal 7 September akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi Bapaslon di Kota Sorong, Papua Barat.
“Tanggal 7 dan 8 September pemeriksaan kesehatan di Sorong, sehingga tanggal 11 September penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan,” bebernya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed