oleh

Harga Tomat, Jahe, hingga Ikan Mahal

KAIMANA – Akibat adanya penutupan sementara akses transportasi laut oleh pemerintah Kaimana, guna mencegah penyebaran Corona. Mulai berdampak pada harga sejumlah kebutuhan dapur, yang selama ini didatangkan dari luar Kaimana.
Tomat dan Jahe, kedua rerempahan tersebut didatangkan dari Manado maupun pulau Jawa. Namun saat ini, baik tomat maupun jahe sulit didapatkan di Kaimana, serta mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi.
“Untuk tomat kami sering pesan dari Manado dan Jawa. Kalau jahe di Kaimana bisa kami pesan lewat petani lokal, namun jumlahnya tidak seberapa. Sudah hampir satu bulan lebih ini, jahe sudah sangat susah kami dapat apalagi tomat,” jelas Hj Lina salah satu pedagang sayur di Pasar Inpres Krooy Kaimana, kepada Radar Sorong, Kamis (18/6).
Dikatakan Hj Lina, akibat kelangkaan tersebut para pedagang sayur akhirnya menaikan harga kedua rempahan ini. Karena menurutnya, saat membeli dari pemasok juga harganya cukup tinggi.
“Untuk tomat saat ini satu kilo kami beli dari pemasok dengan harga Rp80.000. Terpaksa kami jual eceran kembali, 4 buah Rp20.000. Sedangkan untuk jahe per kilonya dari pemasok Rp60. 000, sehigga kami jual eceran seikat Rp10.000,” jelasnya.
Sama dengan tomat dan jahe harga ikan di Kaimana sejak satu pekan lalu, mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga ikan ini dipengaruhi oleh pengaruh musim timur, yang menyebabkan nelayan beristirahat melaut.
“Sudah satu minggu lalu, ikan susah (langkah,red). Kami punya langganan nelayan, tidak melaut karena cuaca di laut saat ini sedang gelombang. Kami tidak bisa memaksakan mereka untuk melaut,” jelas La eros pedagang ikan di Pasar Ikan Kaimana, kepada Radar Sorong, Kamis (18/6).
Menurut La Eros, harga ikan yang biasanya menjadi favorit pembeli kini juga mengalami kenaikan harga. Sehingga banyak pembeli, memilih ikan puri sebagai alternatif.
“Ikan cakalang paling cepat laku, karena harga murah. Tetapi sekarang harga naik, biasanya kami jula Rp10.000 sampai Rp20.000 per ekor, kini bisa mencapai Rp50.000 per ekor,” terangnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed