oleh

Harga Ikan Segar mulai Mahal

-Metro-310 views

SORONG – Jika beberapa pekan lalu, harga ikan segar di pasar terbilang murah, memasuki pertengahan Ramadan, harga ikan mulai  mengalami kenaikan.  Lukman, penjual ikan di Pasar Remu mengakui, kenaikan harga ini disebabkan oleh turunnya daya beli masyarakat.

 “Sekarang ini memang harga ikan tergolong mahal, ada kenaikan sekitar 10%. Harganya naik karena orang takut ke pasar, jadi di pasar juga sepi pembeli,” ungkapnya kepada Radar Sorong saat ditemui di sela-sela kesibukannya, Senin (4/5). 

 Mulai mahalnya harga ikan segar  seperti terlihat dari tumpukan ikan lemang yang harganya 1 tumpuk Rp 20.000 biasanya berjumlah 12-13 ekor  kemarin 1  tumpuk hanya 8 ekor.  Demikian pula harga ikan tuna ukuran sedang yang sebelumnya bisa dapat harga Rp 200.000/ekor kemarin sudah jadi Rp 350.000/ekor. 

 Dikatakan Lukman, mahalnya harga ikan murni karena daya beli masyarakat yang menurun bukan karena minimnya pasokan dari nelayan. Menurutnya, sampai saat ini penurunan pembelian sudah mencapai 50%. Hal ini secara langsung tentu mempengaruhi pendapatannya. “Pendapatan bersih sebelum corona bisa mencapai Rp 100.000 – Rp 200.000 per hari. Sedangkan sejak ada wabah corona ini sudah pasti turun. Kadang hanya dapat Rp 50.000, bahkan pernah tidak dapat sama sekali kalau dagangan tidak habis, modalpun belum kembali,”tutur Lukman.

Menyiasati permasalahan ini, Lukman jga membatasi penjualannya di Pasar. Jika sebelumnya dia bisa membeli hingga dua ember ikan per harinya, kini hanya satu ember saja. Ironisnya, itu pun kadang tak habis terjual. Ditambahkan Lukman, untuk meminimalisir kerugiannya, ada beberapa jenis ikan yang bisa dibekukan untuk bisa dijual kembali. Sementara, nasib tragis untuk jenis ikan yang tidak bisa bertahan lama maka harus terbuang sia-sia.

“Kalau ikannya tidak habis, ada beberapa jenis yang masih bisa dijual dalam keadaan beku. Tapi kalau jenis ikan yang tidak bisa bertahan lama seperti ikan puri, maka harus dibuang kalau tidak habis,” imbuhnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed