oleh

Harga Cabe Lokal Melambung Dua Kali Lipat

-Ekonomi-78 views

SORONG – Harga cabe rawit lokal melambung hingga dua kali lipat dari harga normalnya. Kenaikan harga cabe lokal diduga karena pendistribusian cabe dari luar Sorong pun berkurang. Kenaikan harga cabe rawit tersebut diketahui telah berlangsung sejak Oktober 2020 lalu.

 Salah satu penjual, Musdalifah Malik menjelaskan saat ini harga cabe lokal sudah mengalami kenaikan sebesar Rp  120 ribu per Kg dari harga nomalnya hanya sekitar Rp 50 ribu per Kg. Sementara itu, harga cabe dari luar Sorong seperti Makassar biasanya dijual dengan harga Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per Kg, namun kemungkinan harga cabe dari Makassar pun akan mengalami kenaikan hingga Rp 100.000 per Kg.

  “Cabe kapal ini kan kami ambil dari Makassar, katanya di Makassar sedang musim banjir sehingga harga Cabe pun naik, tapi saat ini kami hanya jual Cabe Lokal, karena cabe dari Makassar pun kosong. Bahkan menurut informasi harga cabe akan kembali mengalami kenaikan,”jelasnya kepada Radar Sorong, Jumat (8/1).

Dengan kenaikan harga cabe rawit tersebut, tambah Musdalifah masyarakat khususnya para pembeli mengeluh dengan kenaikan harga cabe sekitar 50 hingga 60 persen tersebut, namun apa boleh dikata ia pun membelinya dengan harga yang mahal. ”Kami membeli rica ini per kilo Rp 100.000 setelah itu kami jual kembali dengan harga Rp 120 ribu per Kg,”ungkapnya.

Selain cabe rawit sambung Musdalifah cabe Keriting pun mengalami kenaikan Rp 100.000 per Kg dari harga normal Rp 30 ribu. Kenaikan harga ini diprediksi mencapai 50 hingga 60 persen. Diakui,Musdalifah cabe kriting tersebut berasal dari daerah Sorong (lokal).

Musdalifah hanya berharap agar harga cabe rawit maupun cabe Kriting kembali ke harga normalnya, karena masyarakat banyak mengeluh, sebab harga cabe terlalu mahal. “Kadang, pembeli hanya tanya harga terus abis itu langsung pergi dan tidak jadi membeli,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed