oleh

Hanya 8 Peserta Tes Psikologi Seleksi Anggota KPU

-Manokwari-489 views

MANOKWARI-Tes psikologi seleksi calon anggota KPU (Komisi Pemilihan Umum) Provinsi Papua Barat, Senin (16/12/2019) kemarin hanya diikuti 8 peserta. Mereka inilah yang lolos tes tertulis metode CAT (computer assisted test) dengan nilai di atas ambang batas minimal, Abdul Halim Shidiq, Paskalis Semunya, Fatmawati (69,40), Noberthus (64,80), Onesimus Kambu (64,60), Endang Wulansari (62,70), Abdul Muin Salewe (60,70) dan Amus Atkana (60,20).


Anggota Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Provinsi Papua Barat, Simson Werimon mengatakan, tes psikologi dilaksanakan di Aston Niu Hotel Manokwari dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama kemarin dengan materi tes kemampuan intelejensi, kepribadian. Sedangkan tahap kedua, Selasa (17/12) para peserta akan diwawancarai.


Soal jumlah peserta tes psikologi, Timsel lanjut Werimon telah berkoordinasi dengan KPU RI untuk meminta pertimbangan apakah perlu penambahan jumlah peserta berdasarkan hasil tes tertulis CAT. KPU RI menjawab, yang mengikuti tes selanjutnya hanya peserta yang lolos tes tertulis yakni nilainya mencapai ambang batas 60.


“Kami sudah kirim surat ke KPU RI untuk koordinasi mempertimbangkan jumlah peserta tes psikologi. Namun oleh KPU RI mengatakan, peserta yang lolos tes tertulis CAT telah memenuhi ambang batas, sehingga proses tetap dijalankan. Kita bekerja sesuai petunjuk dari pusat,’’ jelas Werimon kepada Radar Sorong via telepon seluler.


Bila ada peserta atau publik yang tidak puas atas tahapan seleksi calon anggota KPU Papua Barat dapat mengajukan keberatan. Werimon mengatakan, Timsel telah melaksanakan tahapan dan tetap berkonsultasi dengan KPU RI.


“Kita bekerja sesuai petunjuk pusat (KPU RI). Kita berjalan sesuai prosedur dan aturan yang ada. Andaikan ada hal-hal di luar dari itu, publik silakan ajukan keberatan,” katanya.


Dikatakan, setiap kali tes hasilnya akan langsung disampaikan kepada para peserta. Termasuk juga hasil tes psikologi tahap pertama langsung diketahui perserta. Timsel melaksanakan tes secara transparan tanpa ada yang ditutupi.


MRP dan Ombusman ikut memantau pelaksanaan seleksi calon anggota KPU PB. Di tengah pelaksanaan tes psikologi, beberapa anggota MRP menemui Timsel. Kepala Ombusman Perwakilan Provinsi Papua Barat Musa Sombuk juga ikut mengawal karena telah menerima pengaduan dari peserta.


“Kami baru saja melakukan pertemuan dengan MRP dan Ombusman. Kami dari Timsel akan rapat menyikapi tanggapan dari MRP dan Ombudsman,” kata Werimon.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed