oleh

Hanya 16 dari 61 Peserta Tes SKD Capai Passing Grade, Hasil Seleksi Calon Taruna Poltekip dan Poltekim Kemenkumham

MANOKWARI-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Papua Barat bersama Kantor Regional XIV BKN (Badan Kepegawaian Negara) Manokwari menyelenggarakan SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) sistem CAT (computer assisted test) seleksi penerimaan calon taruna sekolah kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim), Selasa (28/7/2020) di SMA Negeri 2 Manokwari.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Prov PB, Jhonny Pesta Simamora mengatakan, tes sistem CAT dilaksanakan dalam dua sesi, sesi 1 diikuti 33 orang dari 40 peserta dan sesi II diikuti 28 orang dari 38 peserta. Sehingga total yang tidak mengikuti SKD sebanyak 17 peserta.

Hasil SKD sistem CAT, pada sesi 1 terdapat 11 peserta yang mencapai nilai minimal atau passing grade, sedangkan sesi II dari 28 peserta yang ikut hanya 5 orang. ‘’Jadi, secara total hanya 16 orang yang mencapai passing grade,’’ jelas Simamora kepada Radar Sorong.

Para peserta merupakan pelamar formasi umum dan putra-putri asli Papua. Kemenkumham memberikan kuota untuk Kanwil Papua Barat, Poltekim 5 orang dan Poltekip 5 orang.
Peserta yang lulus SKD berhak maju mengikuti seleksi tahap berikutnya. Kadiv Administrasi melanjutkan, berdasarkan ketentuan, peserta seleksi yang maju tahap berikutnya adalah 3 kali kuota. Sehingga ada 30 peserta yang akan mengikuti tahap selanjutnya.

Bila berdasarkan nilai passing grade belum tercapai, maka khusus untuk peserta putra-putri asli Papua diberi rangking dengan ketentuan skor TIU (Tes Intelegensia Umum) minimal 60 dan total skor SKD 260. ‘’Kalau untuk formasi umumkan skor kelulusan tes SKD itu, untuk TIU skornya 65 dan totalnya 271, namun khusus untuk putra-putri asli Papua Barat skor TIU minimal 60 dan total SKD minimal 260,’’ jelasnya.

Tes SKD dipantau Kakanwil Kemenkumham Prov PB, Anthonius Ayorbaba, SH. Pelaksanaan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona (Covid-19). Sebelum masuk ke ruangan, para peserta diwajibkan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun serta mengukur suhu tubuh. Sebelumnya, ruangan disemprot dengan disinfektan.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed