oleh

Hak-hak Belum Dibayar, Nakes RSUD Mogok Kerja

KAIMANA – Puluhan ­tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaimana, Senin (25/1) sekitar pukul 08.00 WIT melakukan aksi mogok kerja dengan membawa sejumlah spanduk berukuran besar, berisikan tuntutan terkait dengan hak-hak mereka yang hingga kini belum dibayarkan sejak Juli hingga Desember 2020 lalu .
Hak tersebut yakni tunjangan profesi, tunjangan resiko kerja, tunjangan kelangkaan profesi, tunjangan resiko ­kerja dan lauk pauk.
“Secara keseluruhan aksi mogok kami untuk pelayanan gawat darurat, pelayanan rawat inap, poliklinik dan rawat jalan kami tutup, kecuali pasien yang sementara dirawat tetap dilayani,” tegas Melianus Daniel Uberi, S.IP, koordinator aksi kepada wartawan di RSUD Kaimana, Senin (25/1).
Uberi juga menegaskan, pihaknya akan tetap mogok sampai ada kejelasan dari pihak eksekutif dan legislatif, terkait dengan hak-hak yang belum diterima dirinya bersama dengan rekan sesama nakes. Menurutnya pemerintah daerah hanya berjanji akan diupayakan, namun sampai sekarang belum ada realisasi.
“Kami sangat berharap agar pemerintah bisa berupaya mensejahterakan seluruh pegawai yang ada di ­kabupaten ini secara professional,” ujarnya.
Wakil Ketua DPRD Kaimana, Kasir Sanggei kepada nakes yang melakukan aksi mengatakan pembahasan KUA PPAS akan dilaksanakan dalam minggu ini, salah satu agendanya adalah terkait dengan hak ­dari para nakes akan dimasukan pembahasan tersebut. Namun dirinya juga meminta serta berharap pelayanan di RSUD Kaimana tetap berjalan.
“Saya sangat berharap agar pelayanan di RSUD Kaimana tetap berjalan. Mengenai hak-hak dari bapak dan ibu menjadi tanggungjawab kami, dan kami akan upayakan dan wajib dibayarkan,” tegasnya.
Karena menurut politisi Demokrat ini, hal itu dapat dipastikan karena telah memiliki dasar hukum, yakni PERBUP No. 25 tahun 2020 bab III pasal 4 huruf d. “Dengan cara bagaimanapun akan kami masukan di APBD 2021. Sehingga hak bapak dan ibu bisa dibayarkan,” ujarnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed