oleh

Guru Honorer di Kabsor 425 Orang

-Metro-742 views

AIMAS-Kekurangan guru di Kabupaten Sorong masih cukup terasa, beberapa sekolah khususnya Sekolah Dasar (SD) di pedalaman hanya memiliki 2 hingga 3 guru. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sorong, Suyono Sri Sugianto S.Pd.,M.Pd kepada wartawan di halaman Kantor Bupati Sorong, Rabu (14/8). 

Menurut Suyono, saat ini Kabupaten Sorong hanya memiliki 1561 guru diantaranya, 840 guru SD, 319 guru SMP dan 402 guru SMA. Sementara guru honor dengan lulusan sarjana, berjumlah 425 guru yang juga terbagi di 3 tingkatan sekolah yakni, 240 ditingkat SD, 115 tingkat SMP dan 70 ditingkat SMA.

“Yang terdata hanya honorer sarjana saja memang,” katanya. 

Ia menjelaskan, seluruh guru tersebar di 230 sekolah di Kabupaten Sorong, berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk itu, Suyono mendorong agar kedepannya, seluruh guru honorer tersebut dapat mengikuti penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan bisa dilakukan pengangkatan. sehingga menjawab kekurangan guru yang ada di Kabupaten Sorong. 

Menurutnya saat ini, solusi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui rolling guru dianggap kurang tepat. Karena perubahan satu sekolah tidak berdasar dari satu orang guru, justru merugikan sekolah yang sudah dianggap maju. Hal tersebut juga tidak menjawab kekurangan guru yang ada di Kabupaten Sorong. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed