oleh

Gubernur Serahkan Sertifikat Tanah

-Manokwari-165 views

MANOKWARI-Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat, Selasa (5/1/2021) di Swiss-belhotel Manokwari. Juga diikuti secara virtual jajaran Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten/kota.
  Kepala Kanwil BPN Papua Barat,  Freddy Kolintama yang mendampingi Gubernur saat penyerahan sertifikat mengatakan, tahun ini ada sekitar 7.275 sertifikat yang pemerintah kepada masyarakat. Namun kemarin penyerahan secara simbolis sebanyak 30 sertifikat di Manokwari dan 30 sertifikat di Kota Sorong.
  “Sesudah acara ini kami akan serahkan secara keseluruhan yang ada di Papua Barat, sehingga target kami tahun 2020 bisa selesai semua untuk kemudian masuk tahun 2021,” ujar Kolintama kepada wartawan.
  Dikatakan, di tahun 2021, BPN akan tetap melaksanan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap) yang merupakan program Presiden Joko Widodo. Target penerbitan sertifikat disesuaikan dengan ketersediaan anggaran fan kesiapan pemerintah daerah.
  “Dalam situasi pandemi Covid-19 ini pasti ada pembatasan-pembatasan. Tetapi target kita mungkin di atas 30.000 sertifikat,” tandas Kakanwil BPN.
  Tahun 2020 lalu, BPN Provinsi Papua Barat menargetkan dapat menerbitkan sertifikat tanah lewat program PTSL sebanyak 25.000. Namu karena ada pergeseran anggaran di masa pendemi Covid-19, maka target diturunkan dan hanya tercapai 9.000 sertifikat.
  “Ada pengurangan capaian tahun 2020. Mudah-mudahan di tahun 2021 ini target kita bisa lebih dengan catatan kondisi pandemi berakhir. Sebenarnya target kita di Papua Barat cukup banyak terutama menyelesaikan tanah milik adat dab penyelesaian pengadaan tanah,” tandasnya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed