oleh

Gubernur Serahkan Bantuan Program Tangan Kasih

Gubernur Papua Barat (PB) Drs. Dominggus Mandacan, secara resmi telah menyerahkan secara simbolis program Tangan Kasih (TK) kepada sejumlah perwakilan penerima di Halaman Bandara Utarom Kaimana, Senin (14/9).
Gubernur bersama rombongan tiba di Bandara Utarom Kaimana sekira pukul 10.05 WIT dengan menggunakan pesawat milik BUMD dengan nomor PK-RSP. Tiba di Bandara Kaimana, Gubernur bersama rombongan dijemput langsung oleh Forkopimda Kaimana, hadir diantaranya Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma, Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa, Sekda Kaimana Rita Teurupun, Ketua DPRD Kaimana Irsan Lie, Kajari Kaimana Margi Utomo, SH, Kapolres Kaimana AKBP. Iwan P Manurung, Kasdim 1804 Mayor Nasrudin Umasugi, beserta sejumlah pimpinan OPD di Kaimana.
Gubernur dalam sambutan mengatakan, dalam revisi APBD di Papua Barat, telah dialokasikannya sejumlah dana untuk penanganan Covid-19 yang mengacu pada SK Menteri Keuangan RI dan Menteri Dalam Negeri, untuk menginstruksikan, kepada semua kepala daerah, gubernur, bupati dan wali kota di seluruh Indonesia termasuk Papua Barat.
“Kami telah mengalokasikan sejumlah dana untuk pengananan Covid, dalam hal ini jaringan pengaman sosial berupa bahan pokok. Bantuan ini sasarannya lebih kepada masyarakat yang terdampak pada ekonominya akibat Covid, terutama sektor informal dan formal yang terkena PHK maupun yang tidak bisa melaksanakan aktivitasnya dan hanya berada di rumah saja,” jelasnya.
Menurut Gubernur, berdasarkan data yang diterima dari semua kabupaten atau kota, maka dialakokasikan dana tersebut sebagai jaringan pengamanan sosial, yang diberikan dalam 3 tahap.
“Tahap pertama sudah kami serahkan, bertempat di Airport Kaimana ini juga, kemudian tahap kedua hari ini kita bagikan dan ada tahap ketiga. Untuk program tangan kasih Pemerintah Provinsi Papua Barat kepada pekerja informal dan formal ini, merupakan tahap pertama dan akan dilanjutkan tahap kedua dengan sasaran yang sama,” kata gubernur.
Ia mengungkapkan, pihaknya telah mengalokasikan untuk bahan kebutuhan pokok sebesar Rp 48,6 miliar. Dana tersebut untuk menangani sebanyak 82.963 paket di seluruh Provinsi Papua Barat. Sementara untuk program tangan kasih, disediakan dana sebesar Rp 58,1 miliar. Untuk program tangan kasih di Papua Barat pihaknya bisa mengakomodir 32.317 orang penerima. Untuk Kabupaten Kaimana, pemerintah Provinsi Papua Barat telah mengalokasikan penerima sebanyak 3.784 untuk tahap pertama dan kedua dengan jumlah yang sama.(fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed