oleh

Gubernur Apresiasi Dukungan TP-PKK Berdayakan Perempuan

AIMAS – Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan yang hadir saat pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-49 Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan keluarga (TP-PKK) di Papua Barat mengapresiasi dukungan TP-PKK PB dalam pemberdayaan perempuan selama ini. Gubernur mengatakan bahwa upaya peningkatan kesejahteraan keluarga melalui program pemberdayaan harus terus dilakukan agar keluarga bisa mandiri. Dengan demikian keluarga diharapkan dapat berpartisipasi mendukung program pemerintah dalam mengurangi kemiskinan.

“Mendukung program pengurangan kemiskinan mulai dari identifikasi kebutuhan, proses perencanaan, perumusan pelaksanaan program sampai kepada evaluasi program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Peran keluarga dalam pembangunan dan pengembangan SDM merupakan faktor strategis yang membutuhkan komitmen tinggi serta keterlibatan semua pihak. Ini bertujuan memberdayakan keluarga dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk mencapai kesejahteraannya. PKK memotivasi setiap keluarga agar dapat menjadi instrumen pembangunan melalui program dan kegiatan yang dilakukan,” jelas Gubernur.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Peringatan HKG ke-49 TP-PKK Papua Barat tahun 2021 ini mengangkat tema ‘Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju’. Tentunya hal tersebut selaras dengan amanat undang-undang yang bertujuan terwujudnya kesejahteraan masyarakat tersebut dan dimulai dari keluarga.

“Keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai aksi besar dalam proses pembangunan. Apabila semua keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan yang baik maka akan terwujud masyarakat sejahtera”, tambah Gubernur.

Ketua TP-PKK Provinsi Papua Barat, Ny. Yuliana Kiriweno Mandacan menuturkan, HKG ke-49 merupakan momentum yang sangat mendasar serta memiliki arti penting dalam strategi untuk implementasi 10 program pokok PKK. Saat ini gerakan PKK semakin berkembang dengan programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa.

“Peringatannya memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera,” ujarnyaPeringatan HKG ke-49 dengan tema ‘Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju’ ini memberi makna bahwa TP-PKK dan kader di seluruh pelosok nusantara harus mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan aspek sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

“Makna lainnya bahwa PKK Bukan semata menempatkan keluarga sebagai objek atau sasaran program pemerintah akan tetapi PKK adalah gerakan yang mampu mengatasi permasalahan keluarga di Indonesia. Serta melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional,” lanjut Nyonya Yuliana.

Dirinya juga menegaskan bahwa pengurus dan seluruh kader PKK senantiasa berkewajiban mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19 dengan mengampanyekan 3M ditengah kepada siapapun dan dimanapun. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed