oleh

Gelar Monev, Pemkot Sorong Dukung Program BP JAMSOSTEK

SORONG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau yang dikenal dengan sebutan BP JAMSOSTEK menggelar Rapat Monitoring Evaluasi dengan pemerintah Kota Sorong. Rapat monev dilakukan untuk membahas dan mengevaluasi terkait berjalannya program-program BP JAMSOSTEK yakni JKK, JKM, JHT dan JP.

Rapat monev BP JAMSOSTEK dengan Pemkot Sorong

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Papua Barat Mintje Wattu mengatakan program JKK digunakan untuk menjamin segala risiko kecelakaan kerja yang dialami para pekerja. Termasuk didalamnya, penyakit yang timbul kibar dari kecelakaan kerja. Segala bentuk risiko dari kecelakaan kerja akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab BP JAMSOSTEK, termasuk biaya perawatan di RS yang bersifat unlimited, santunan tidak mampu bekerja, hingga santunan kematian.

Selain itu, peserta BP JAMSOSTEK yang meninggal mendadak di tempat kerja juga termasuk dalam kecelakaan kerja. Sehingga hal tersebut juga diatur dalam Permenaker RI nomor 26 tahun 2015 pasal 14 ayat 2 (b) tentang tata cara penyelenggaraan program jaminan kecelakaan kerja jaminan kematian dan jaminan hari tua.

“Ketika bekerja di tempat kerja, kemudian tiba-tiba mendapat serangan penyakit dan langsung dibawa ke dokter atau unit pelayanan kesehatan atau rumah sakit, lalu yang bersangkutan meninggal dunia tidak lebih dari 24 jam maka itu di katagorikan sebagai kecelakaan kerja. Santunannya akan kami bayarkan juga,” jelas Mintje.

Selain rawat inap, ada juga perawatan di rumah (homecare) dengan manfaat diberikan maksimal 1 tahun dengan biaya 20 juta. Mekanisme pelayanan home care dilaksanakan di pusat layanan kecelakaan kerja dan berdasarkan rekomendasi dokter khusus bagi peserta yang tidak memungkinkan melanjutkan pengobatan ke rumah sakit.

“Jika dilakukan perawatan di rumah atau Homecare maka harus ada rekomendasi dari dokter sehingga tidak memungkinkan untuk dirawat dirumah sakit,” ujarnya.

Jaminan Hari Tua (JHT) prinsipnya sebagai tabungan ini untuk bekal hari tua. Sementara Jaminan Pensiun (JP) adalah merupakan akumulasi iuran plus hasil pengembangan yang diberikan secara sekaligus dengan manfaat subsidi bunga perumahan.

“Jaminan hari tua juga Jaminan pensiun adalah sejumlah uang yang dibayarkan kepada peserta yang memasuki masa hari tua dan usia pensiun atau mengalami cacat total tetap atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia jaminan pensiun diberikan dalam bentuk manfaat pastinya,” jelas Mintje lagi.

Sekretaris Daerah Kota Sorong, Yakob Kareth menyambut baik adanya program yang menjadi produk BP JAMSOSTEK. Menurutnya, program tersebut akan semakin memberikan jaminan dan kepastian perlindungan kepada pekerja yang rentan terhadap risiko kerja.

“Ini program yang sangat baik, kami juga mendukung program ini sehingga kedepannya kami akan memanggil OPD terkait agar bersedia mengakomodir pegawai non ASN di lingkungannya untuk bergabung dalam program BPJAMSOSTEK ,” ujar Yakob Kareth.

Santunan Kematian yang diberikan kepada peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja dimaksudkan untuk meringankan beban keluarga baik dalam bentuk biaya pemakaman maupun santunan berupa uang dengan total Rp42.000.000. Selain itu, bagi yang sudah menjadi peserta selama 5 tahun, 2 orang anaknya pun akan mendapatkan beasiswa sampai dengan yang bersangkutan lulus kuliah. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed