oleh

Gelar KOPI PAGI, KPPN Sorong Kelola Rp 4, 28 Triliun

-Ekonomi-55 views

SORONG-Dalam rangka percepatan pelaksanaan anggaran pemerintah serta untuk mewujudkan kinerja belanja pemerintah yang lebih berkualitas, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sorong bersama seluruh Pimpinan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) satuan kerja (satker) menggelar KOPI PAGI, secara daring. KOPI PAGI merupakan bentuk Koordinasi Pimpinan Pelaksanaan Anggaran dan membahas Issu Strategis di Tahun Anggaran (TA) 2021.
Kepala KPPN Sorong, Juanda mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai koordinasi dan komunikasi KPPN Sorong selaku Kuasa Bendahara Umum Negara di Daerah bersama para Pimpinan satker selaku KPA untuk mengevaluasi kinerja pelaksaan APBN 2020. Hal ini diharapkan dapat memperbaiki kinerja dan kualitas pelaksanaan anggaran di TA 2021.
Lanjutannya, Kegiatan ini berusaha untuk menggali kendala umum yang dihadapi oleh satker serta berbagi tips bagaimana mengatasinya. Tak hanya itu, pertemuan ini juga membahas isu-isu strategis yang akan dilaksanakan di tahun 2021. Diantaranya implementasi Sitem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), Jabatan Fungsional, Digital Payment dan Marketplace, Capaian Output. Pembahasan tersebut disampaikan secara panel oleh empat narasumber yaitu para Kepala Seksi KPPN Sorong.
Kepala KPPN Sorong, Juanda, juga mengatakan kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja satuan kerja tidak hanya diukur dari sisi penyerapan saja, namun diukur dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). “IKPA mengukur dari 4 aspek dan 13 indikator. Aspek tersebut berupa kesesuaian terhadap perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, dan pelaksanaan anggaran terhadap regulasi,” jelas Juanda, Rabu (10/2/2021).
Lanjut dikatakan oleh Juanda, di Tahun 2021 ini, KPPN Sorong mengelola anggaran Rp 4,28 triliun. Besaran tersebut meningkat sebesar Rp 462,1 miliar atau 10,78 persen dibandingkan dengan tahun 2020 dengan jumlah mitra kerja sebanyak 118 Satker yang tersebar di Kota Sorong, kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw dan Kabupaten Maybrat. “Adapun realisasinya sampai dengan tanggal 5 Februari 2021 baru mencapai sebesar Rp 189,27 Miliar atau 4,41 persen dari alokasi pagu sebesar Rp4,28 triliun,” katanya.
Sedangkan penyerapan anggaran di tahun 2020 telah mencapai angka Rp3,68 triliun atau 96,29 persen dari total alokasi sebesar Rp 3,82 triliun.

“Berdasarkan rincian, realisasi penyerapan anggaran tersebut saya katakan sudah melampaui target nasional dengan persentase angka diatas 90 persen,” jelas Juanda kepada Radar Sorong.
Dalam acara tersebut, KPPN Sorong memberikan apresiasi penghargaan kepada Satker berupa plakat dan piagam penghargaan. Apresiasi ini didasarkan atas kinerja terbaik dalam mengelola Pelaksanaan Anggaran dan Pelaporan Keuangan TA 2020 yang terbagi menjadi dua bagian, Pertama atas dasar IKPA dan kedua Pelaporan Keuangan. Untuk IKPA terbagi menjadi 5 kategori, Pertama Juara Umum, Kedua Kategori Pagu Besar (lebih dari Rp 9 Miliar), Ketiga Kategori Pagu Sedang (lebih dari Rp 3 Miliar s.d. Rp 9 Miliar), Keempat Kategori Pagu kecil ( s.d.3 Miliar) dan Kelima Kategori TNI/Polri.

Kepala KPPN Sorong, Juanda menyerahkan penghargaan Kategori Juara Umum Peringkat Kedua kepada Kuasa Penggunaan Anggaran Pengadilan Agama Sorong, Syamsul Bahri.

Mengingat dalam masa pandemi covid-19, apresiasi diberikan dengan model drive thru. Hal ini sebagai bentuk pencegahan dari penyebaran covid-19 dengan menghindari kerumunan. “Apresiasi tersebut didasarkan pada kinerja terbaik pada IKPA dan Pelaporan Keuangan selama TA 2020.Kami sangat mengapresiasi kepada Satker yang telah memperoleh penghargaan tersebut. Semua hasil tersebut tidak lepas dari upaya nyata yang telah dilakukan oleh tim pejabat pengelola perbendaharaan (KPA, PPK, PP SPM dan Bendahara) selama tahun 2020. Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, tetap dapat berkinerja terbaik untuk Negeri,” jelas Juanda.
Dengan apresiasi tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja satuan kerja dan menunjukkan komitmen tinggi dari KPPN Sorong dalam memberikan pelayanan. “Harapannya melalui KOPI PAGI ini dapat menghasilkan satu komitmen pimpinan untuk mewujudkan kinerja pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan di tahun 2021 menjadi makin baik dan berkualitas,” pungkas Juanda.
Peringkat 3 (tiga) Besar Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong, yaitu terbagi menjadi beberapa kategori.
Kategori Juara Umum yaitu Peringkat pertama adalah KPP BC Babo (100), Peringkat Kedua yakni Pengadilan Agama Sorong (100). Peringkat Ketiga BPS Kota Sorong (99,71).
Kategori Pagu Besar (lebih 9 Milyar). Peringkat Pertama adalah BPS Kab. Sorong (99,13), Peringkat Kedua yaitu KSOP Sorong (99,12), Peringkat Ketiga yakni Lapas Sorong (98,93).
Kategori Pagu Sedang (lebih dari 3 Milyar s.d. 9 Milyar) yaitu Peringkat Pertama BPN Kabupaten Sorong Selatan (99,62), Peringkat Kedua yakni BPS Kab. Sorong Selatan (99,40). Peringkat Ketiga adalah KPP BC Sorong (99,22).
Kategori Pagu Kecil (s.d. 3 Milyar), Peringkat Pertama yaitu MTs Negeri Sorong (99,50), Peringkat Kedua yakni Kantor Kementerian Agama Kab. Sorong Selatan 440620 (98,41) dan Peringkat Ketiga adalah Kantor Kementerian Agama Kab. Maybrat 418531 (98,34).
Kategori TNI/POLRI yaitu Pasmar 3 (98,64) sebagai Peringkat Pertama, Korem 181/Praja Viratama DAM XVIII/Kasuari (98,55) sebagai Peringkat Kedua dan Polres Sorong (94,87) sebagai Peringkat Ketiga.
Kemudian Peringkat 3 (tiga) Besar Pelaporan Keuangan Satuan Kerja Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong, adalah Badan Pusat Statistik Kota Sorong (98,11), Kantor Kementerian Agama Kota Sorong 635430 (97,81) dan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong (97,69).
Sementara itu, Kuasa Penggunaan Anggaran Pengadilan Sorong Syamsul Bahri, yang datang langsung menerima penghargaan dimana Pengadilan Agama Sorong masuk dalam Kategori Juara Umum Peringkat Kedua, Ia mengatakan apresiasi penghargaan tersebut merupakan motivasi untuk senantiasi memperbaiki dan meningkatkan kinerja dibagian keuangan.

“Dengan adanya apresiasi ini semoga bisa jadi motivasi buat teman-teman di satker lainnya karena mendapatkan penghargaan ini tidak mudah. Karena butuh intergritas dan komitmen,” katanya.
Hal senada dikatakan Komandan Pasmar 3, Brigjen TNI (Mar), Edi Juardi dimana Pasmar 3 mendapat Peringkat Pertama dalam Kategori TNI/POLRI. Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPPN Sorong atas kepercayaan kepada Pasmar 3. “Kami telah diberikan penghargaan, sebenarnya kami masih dalam tahap belajar tapi kami tetap berkomitmen bagaimana pengelolaan keuangan ini sesuai prosedur yang dilaksanakan sesuai dengan aturan. Itu yang selalu kami tekankan kepada satuan kami, jajaran dan staf kami. Belajar dan konsultasi, untuk pelaksanaan administrasi sehat dan bersih dapat kita capai,” jelasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed