Gejala Umum Diabetes yang Bisa Dikenali Sejak Dini!

Diabetes, merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh berbagai umur penderitanya. Bukan hanya kalangan orang dewasa atau lansia saja, melainkan anak-anak sekalipun bisa mengidap diabetes. Diabetes melitus, atau DM, umumnya akan memberikan sebuah tanda kepada penderitanya melalui gejala. Gejala umum diabetes, sangat mudah dikenali sejak dini. Dibandingkan gangguan lainnya, diabetes paling signifikan menyebabkan sebuah gejala pada tubuh penderitanya.

Sebenarnya, diabetes bukan lah sebuah penyakit yang bisa disepelekan. Mengapa demikian? Karena, diabetes melitus ini bisa menyebabkan dampak paling buruk hingga kematian. Menurut data tertulis oleh Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI, mencatat bahwa kalangan penderita diabetes paling banyak dialami oleh kalangan manusia diatas 15 tahun. 

Terlepas dari komplikasi penyakit diabetes yang bisa menyebabkan tubuh semakin lemah, lebih baik mengantisipasi diri dengan melakukan penanganan sedini mungkin. Sehingga, kondisi diabetes tidak akan semakin buruk dan penderitanya masih bisa melakukan aktivitas normal layak biasanya. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada anda tentang deretan gejala umum yang bisa dikenali sebagai tanda-tanda diabetes. Dengan begitu, anda bisa langsung melakukan kontrol ke ahli kesehatan untuk mendapatkan penanganan terbaik. 

Lantas, apa saja gejala diabetes yang bisa dikenali sejak dini? Yuk, simak dan perhatikan artikel kami sampai akhir!

 

Gejala Umum Diabetes yang Bisa Dikenali Sejak Dini

Gejala Umum Diabetes ( Sumber foto : suara.com )

Pada umumnya, suatu penyakit memang menimbulkan gejala sebagai bentuk tanda-tanda pada penderitanya. Gejala ini bisa dikenali lebih dini tanpa harus mengkhawatirkan diri terlalu banyak, atau sebaliknya. Diabetes, terbilang sebagai penyakit yang paling sering menciptakan gejala umum sebelum kondisi gangguan ini semakin berlarut-larut dan menyebabkan kondisi terburuk. 

Agar tidak mengalami kondisi semakin buruk karena tidak tahu terkena diabetes, lebih baik anda perbanyak pengetahuan dan mulai mengidentifikasi diri sejak sekarang. Dibawah ini, adalah urutan gejala umum yang bisa anda kenali sebagai tanda terkena diabetes melitus:

 

  1.     Sering Buang Air Kecil

Gejala diabetes di urutan pertama yang bisa anda kenali sejak dini, adalah sering buang air kecil. Ketika anda terlalu sering buang air kecil, terutama di malam hari, maka anda harus waspada. Dalam dunia medis, dikatakan bahwa sering buang air kecil, adalah poliuria, yaitu sebuah tanda umum yang diabetes yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah, atau hiperglikemia. 

Dalam ucapan medisnya, gula darah didalam tubuh, biasanya akan melalui proses penyaringan oleh organ ginjal, kemudian akan menyerap kembali ke dalam darah. Apabila kondisi gula darah sudah tinggi, maka mustahil untuk ginjal menyaring semuanya, sehingga darah pun menyerap seluruh gula yang melewatkan proses tersebut. Hal tersebut menyebabkan urine didalam ginjal akan terbentuk dan terdapat kandungan gula didalam nya.

 

  1.     Mudah Haus

Tidak hanya sering buang air kecil saja, gejala diabetes selanjutnya, adalah mudah haus. Mudah haus, dalam dunia kedokteran dinamakan juga dengan polydipsia. Rasa haus ini bukan normal dari biasanya, melainkan bisa menyebabkan penderitanya selalu merasa haus berlebihan walaupun sudah minum. 

Mudah haus disebabkan ketika urine yang mengandung gula darah tinggi, menyebabkan tekanan molekul air didalam tubuh semakin banyak. Seiring berjalannya waktu, maka komponen air tersebut akan tertarik ke urine, dan frekuensi buang air kecil pun semakin tidak terkendali. Biasanya, kondisi ini sering menyebabkan tubuh dehidrasi dan mengirimkan sinyal haus pada otak. Dengan begitu, pengidap diabetes menjadi lebih mudah haus walaupun sudah minum banyak.

 

  1.     Berat Badan Turun Drastis

Walaupun pada kebanyakan kasus gejala diabetes paling sering ditandai dengan keinginan makan berlebihan, namun juga seringkali berat badan turun drastis adalah salah satu gejala signifikan dari gangguan penyakit yang satu ini loh! Berdasarkan sumber yang kami kutip dari Cleveland Clinic, dikatakan bahwa berat badan akan mengalami penurunan hingga 5% dari total keseluruhan bobot tubuh. 

Hal ini disebabkan glikogen, atau gulkosa, akan mengalami perubahan menjadi energi dan mencoba untuk “menemukan” sumber utuh lainnya, yaitu protein dan lemak. Tubuh yang terus membutuhkan energi, berusaha memecah otot maupun lemak, sehingga akan diserap menjadi energi itu sendiri. Proses pemecahan ini lah yang menyebabkan berat badan menurun signifikan, walaupun porsi makan sangat normal.

 

Itulah ulasan mengenai gejala umum diabetes yang harus anda ketahui. Gejalanya wajib anda prediksi sejak dini untuk mengantisipasi kondisi yang semakin buruk.

Previous post Kumpulan Makanan Olahan Seafood Terbaik Khas Singapura!
Next post Deretan HP Huawei Terbaru dan Tercanggih – Maret 2022!