oleh

Gedung SD di Kabsor belum Semua Beroperasi

-Metro-485 views

AIMAS– Gedung Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sorong berjumlah 126 unit yang hampir seluruhnya beroperasi. Namun, diakui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong, Kepas Kalasuat, S.Pd.,M.Pd, seluruhnya belum beroperasi secara maksimal.

“Ada kurang lebih 126 gedung sekolah SD Negeri dan Inpres di Kabupaten Sorong, tapi belum seluruhnya beroperasi maksimal,” terangnya kepada wartawan, Senin (14/10). 

Belum maksimalnya penggunaan gedung SD di Kabupaten Sorong disebabkan oleh kurangnya guru yang memadai di beberapa gedung sekolah. Untuk itu, pembangunan gedung sekolah, menurutnya perlu memperhatikan berbagai aspek, selain kebutuhan masyarakat, jumlah guru juga perlu menjadi perhatian, sehingga gedung sekolah yang dibangun tidak sia-sia. 

“Jangan buka gedung sekolah banyak-banyak, sementara pengoperasiannya terkendala, kami harus fokus kelola sekolah lebih utama,” jelasnya. 

Fokus untuk mengelola sekolah untuk lebih baik, salah satunya dilakukan dengan rolling guru yang telah dilakukan beberapa tahun terakhir. Dengan rolling guru, sekolah yang dinilai dapat berjalan baik, maka guru tersebut akan dipertimbangkan untuk ke sekolah lainnya yang belum memiliki cukup guru. 

Diakuinya, saat ini terdapat beberapa sekolah yang telah memiliki izin, namun terkendala oleh guru, ruang kelas maupun sarana prasarana pendukung untuk sekolah. Dimana, saat ini guru menjadi perhatian utama dengan merekrut guru kontrak yang sudah berlangsung dari tahun 2018. Ini menjadi kebijakan pemerintah untuk menjawab kebutuhan guru di Kabupaten Sorong. 

“Kalau di perkotaan mungkin tidak banyak bermasalah, tapi kami (Kabupaten Sorong) dapat di lihat di pinggiran atau pedalaman masih kekurangan guru,”jelasnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed