oleh

Gebyar PON Libatkan 33 Band Lokal

JAYAPURA – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) melaksanakan kegiatan Gebyar PON di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika dan Merauke, melibatkan 33 band lokal, dimeriahkan grup music nasional, Kotak Band, serta penyanyi nasional yang akan dilaksanakan selama sehari penuh, Sabtu (19/6).

Ketua PB PON XX Papua, Yunus Wonda kepada wartawan di Jayapura, Jumat (18/6)   mengatakan, Gebyar PON yang berlangsung di 5 titik, menelan dana Rp 76 miliar. Menurutnya, Gebyar PON sebagai bukti kesiapan penyelengeraan PON XX di tanah Papua. “Dalam acara Gebyar PON ini kita melibatkan semua musisi anak-anak Papua. Kenapa demikian, karena kami ingin mengangkat budaya Papua, baik itu lewat lantunan musik tradisional maupun tari-tarian yang berasal dari daerah kami sendiri,” kata Yunus Wonda.

Menurutnya, musik tradisional saat ini sudah mulai hilang, sehingga gelaran Gebyar PON ini pihaknya kembali mengangkatnya. Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak muncul klater baru penyebaran Covid-19. “Dalam iven PON XX ini, harapan kami semua komponen masyarakat Papua harus terlibat,  baik dalam pentas seni maupun kuliner-kuliner khas Papua, sehingga para tamu dari seluruh Indonesia yang datang ke Papua, bisa menyaksikan dan mengenal lebih dekat seni maupun kuliner asli Papua,” katanya.

Wonda mengakui meskipun kondisi yang tidak normal karena  masih dalam suasana pandemi Covid-19, tetapi kepercayaan yang diberikan negara kepada Papua sebagai tuan rumah PON XX, pihaknya mengajak seluruh masyarakat bersama-sama  menyukseskan iven 4 tahunan ini. “Masalah keamanan bukan saja menjadi tanggung jawab pihak keamanan, tetapi menjadi tugas seluruh komponen masyarakat  di tanah Papua. Untuk itu, mari kita sama-sama menyukseskan PON XX yang akan dimulai 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021,” pungkasnya. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed